13 Warga Kulon Progo Positif Covid-19 dari Klaster Pernikahan

  • Whatsapp
tes covid antigen
Ilustrasi tes antigen. (Foto: Pixabay)

Kulon Progo – Sebanyak 13 kasus positif Covid-19 ditemukan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Mereka merupakan klaster pernikahan di wilayah Karangsari, Kapanewon Pengasih. Pengantin pria bersama rombongan keluarga dari Bogor, Jawa Jawa Barat.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, klaster pernikahan ini sudah muncul 13 pasien positif. Kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah.

Read More

Baca Juga: 10 Orang Positif Covid-19 Bukan dari Tracing Bupati Sleman Kustini

Dia mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan sudah melakukan tracing kepada 52 orang. Pengujian masih dilakukan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) dengan jumlah sampel yang diperiksa ada 36. “Masih ada 36 sampel PCR yang diuji. Hasilnya belum keluar,” kata Baning, Senin, 31 Januari 2022.

Dia mengatakan, dalam pesta pernikahan ini kedua pengantin sudah menjalani tes antigen dan hasilnya negatif. Namun dalam pesta ini ada kerabat dari pengantin pria yang sakit dan hasilnya positif Covid-19. Atas temuan ini dilakukan tracing dan ditemukan 13 orang yang dinyatakan positif.

Baca Juga: Ditemukan Empat Kasus Covid-19 Probable Varian Omicron di Yogyakarta

Baning mengatakan, dari 13 orang yang positif corona ini ersebar di Kalurahan Karangsari dan Margosari. “Dari kasus ini sudah melebar sampai ring tiga. Ada satu pejabat di Kulon Progo yang ikut terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Menurut dia, para pasien Covid-19 ini kondisinya cukup bagus dan termasuk orang tanpa gejala. Kini semuanya menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Baca Juga: Terpapar Covid-19, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Jalani Isolasi Mandiri

Sekretaris Kalurahan Karangsari Ari Wibowo mengakui adanya klaster ini. Sebenarnya mereka tidak menggelar hajatan namun hanya menerima tamu dari luar daerah.

Satgas kalurahan bersama dengan relawan telah melakukan penyemprotan diinfektan di rumah warga yang positif. Pihaknya sudah menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. “Kebutuhan sembako sudah dipenuhi dari pemerintah kalurahan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *