Kronologi Wisata Ritual Pantai Payangan Jember Berujung Maut, 10 Orang Meninggal

  • Whatsapp
evakuasi korban pantai payangan
Relawan mengevekuasi korban wisata ritual di Pantai Payangan Jember. (Foto: Istimewa)

Jember – Sebanyak 20 orang yang sedang menjalani wisata ritual di Pantai Payangan yang berada di usun Watu Ulo Desa, Sumberejo Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tergulung ombak pada Minggu, 13 Februari 2022 dini hari. Sepuluh orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kapolres Jember Ajun Komisaris Besar Polisi Hery Purnomo mengatakan, total rombongan ada 24 orang. Empat orang tidak ikut ritual dan 20 orang ikut ritual yang dilaksanakan di tepi pantai. “Ada 20 orang yang terseret, 10 orang sudah ditemukan meninggal,” katanya, Minggu, 13 Februari 2022.

Read More

Baca Juga: 7 Hari Tak Ditemukan, Pencarian Korban Ombak Parangtritis Bantul Dihentikan

Informasi yang dihimpun, kronologi kejadian nahas ini bermula pada Sabtu, 12 Februari 2022 sekira pukul 23.00 WIB rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara berangkat dari di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi menuju Pantai Payangan untuk melakukan ritual.

Rombongan berasal dari beberapa desa seperti Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah. Mereka berjumlah 24 orang termasuk sopir berangkat ke Pantai Payangan menggunakan beberapa armada salah satunya Minibus Elf bernomor polisi DK 7526 VF warna silver.

Baca Juga: Dua Santri Hanyut di Sungai Elo Magelang, Satu Ditemukan Meninggal

Pukul 23.30 WIB mereka tiba di Pantai Payangan. Pukul 00.00 WIB mereka melakukan melakukan ritual di tepi Pantai Payangan tepatnya di selatan Gunung Samboja.

Sebelumnya, pengelola wisata Gunung Samboja yang berada di sebelah utara sudah mengingatkan agar tidak ke laut karena ombak sedang besar. Namun Rombongan tersebut tetap ke oantai guna melaksanakan ritual. Pukul 00.25 WIB tiba-tiba ombak besar datang menerjang mereka hingga akhirnya terseret ke tengah laut Pantai Payangan.

Baca Juga: Tujuh Anak Terseret Ombak di Pantai Suwuk Kebumen, Dua Dikabarkan Hilang

Kejadian ini langsung mendapat respons dari pihak berwajib untuk melakukan pencarian dibantu komunitas relawan. Beberapa korban berhasil diselamatkan namun ada yang ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia. Korban yang selamat ke PKM Ambulu guna penanganan lebih lanjut.

Sekitar pukul 02.45 WIB, para korban selamat dan meninggal dunia dibawa menggunakan mobil ambulans PKM Sabrang dan Strada Bacbone Polsek Ambulu ke PKM Ambulu. Sebanyak 10 korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *