Cocok Budjet Minim, Satu TPR Bisa Menikmati 8 Pantai Keren di Gunungkidul Yogyakarta

  • Whatsapp
Pantai Krakal Gunungkidul
Pantai Krakal Gunungkidul (Foto: IG Satria Bensar)

Yogyakarta – Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta terkenal dengan wisata pantainya. Banyak destinasi wisata pantai bermunculan di kabupaten berjuluk Handayani ini, baik dikelola warga sekitar, swasta atau pemerintah setempat.

Menariknya tidak setiap destinasi pantai yang memungut cas di TPR. Cukup bayar sekali di TPR bisa menikmati delapan pantai keren. Cocok buat yang budjed minim bukan?

Read More

Baca Juga: Ini Dia, 17 Destinasi Wisata Keren Selain Pantai di Gunungkidul Yogyakarta

Lantas delapan pantai itu mana saja? Berikut ulasan singkatnya:

Pantai Baron
Nama Pantai Baron berasal dari bangsawan asal Belanda Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron.
Pantai ini menjadi yang pertama atau gerbang TPR. Keindahan yang menonjol destinasi wisata ini adalah menara mercusuar yang berada di bukit sebelah kiri. Selain itu, perpaduan keindagan alam dan wisata kuliner juga menjadi daya tarik pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Kukup Gunungkidul
Pantai Kukup Gunungkidul (Foto: IG Satria Bensar)

2. Pantai Pok Tunggal
Pantai kedua yakni Pok Tugggal, secara administratif masuk Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Ciri khas yang menonjol dari pantai ini adalah pohon duras yang tumbuh satu-satunya di pantai. Garis pantainya panjang, hamparan pasir putih luas dan bersih. Wisawatan bisa menikmayti sunset di sini. Cocok juga untuk acara camping.

3. Pantai Sepanjang
Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Pantai pasir putih cukup luas. Pasir putih di pantai ini lebut sehingga tidak perlu khawatir bakal menginjak pecahan karang. Di tempat ini tersedia gazebo untuk bersantai yang disewakan. Lengkap pula jajanan atau kuliner berada di tepi pantai ini.

Baca Juga: Rekomendasi Tujuh Wisata Malam Keren di Bantul dan Gunungkidul

4. Pantai Kukup
Pantai yang berada di Desa Kemadang, Kapanewon Tanjungsari ini dikenal sebagai pantau dengan ombaknya yang menggulung dan menawan. Pantai ini memiliki pemandangan khas berupa pulau karang yang terdapat gardu pandang, Tiap Sura pantai ini menjadi lokasi acara upacara adat sedekah laut.

Pantai Drini Gunungkidul
Pantai Drini Gunungkidul (Foto: IG Satria Bensar)

5. Pantai Drini
Pantai yang berada di Kalurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari ini cocok untuk berjemur, berenang atau sekedar bermain air. Selain itu, kondisi air lautnya jernih sehingga bisa menikmati pemandangan biota laut. Di tempat ini juga ada wahana kano, sorkeling dan surfing.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

6. Pantai Krakal
Lokasi pantai ini berada di Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Tanjuungsari. Pantai ini memiliki spot surfun yang terkenal. Garis pantainya landai dan berpasir putig dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir partai menjadi rumah ikan seperti jenis damselfish, kepe-kepe dan lainnya.

7. Pantai Indrayanti
Pantai yang berada di Dusun Ngasem, Kalurahan/Kapanewon Tepus ini terkenal dengan kebersihan pantainya. Wisatawan dapat bersantai di payung atau gazebo yang disewakan. Ombak di pantai ini relatif rendah sehingga aman sebagai wahana bermain air. Di tempat ini pengelola juga menyewakan jetsky.

Baca Juga: Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

8. Pantai Sundak
Pantai ini memiliki bibir pantai dangkal. Salah satu daya tarik di tempat ini terdapat dua setinggi 2 meter yang di dalamnya berisi air tawar, bukan air laut meski berada di tepi laut. Di pantai yang berada di Sidoharjo, Kapanewon Tepus ini banyak dijumpai ikan yang berwarna-warni di antara terumbu karang. []

promo iklan bacajogja.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *