Rekomendasi Tujuh Wisata Malam Keren di Bantul dan Gunungkidul

  • Whatsapp
Bukit Bintang Gunungkidul
Bukit Bintang Gunungkidul. (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Yogyakarta – Yogyakarta gudangnya destinasi wisata. Ada ratusan objek wisata tersaji di Bumi Mataram ini. Dan dipastikan jumlahnya ke depan bertambah lagi.

Begitu juga dengan wisata wisata malamnya. Berikut tujuh rekomendasi destinasi wisata di Yogyakarta yang kerean dikunjungi saat malam.

Read More

1. Bukit Bintang

Bukit Hargodumilah, itulah nama asli dari Bukit Bintang Yogyakarta. Lokasinya di Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Dulunya tempat ini berfungsi sebagai peristirahatan untuk orang yang melintas. Seiring berjalannya waktu karena pemandangan dari atas bukit sangat indah, warga mendirikan warung atau kedai di wilayah tersebut.

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Bukit Bintang dapat dikategorikan sebagai surganya remaja. Begitu juga bagi fotografer yang ingin berburu pemandangan yang indah untuk diabadikan dan dipotret lensa kamera kemudian diunggah di sosial media. Pasalnya pesona keindahan Bukit Bintang sangat menakjubkan.

Wisata ini buka selama 24 jam, tetapi banyak pengunjung yang tertarik untuk berkunjung pada malam hari. Alasannya pemandangan dari wisata ini lebih indah pada malam hari. Pengunjung tidak dibebani oleh biaya tiket masuk dan hanya perlu membayar karcis parkir.

2. Puncak Sosok

puncak sosok
Puncak Sosok Bantul. (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Tempat ini pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Suasana malam di Puncak Sosok semakin meriah. Pengunjung disuguhkan pemandangan gemerlap lampu indah Kota Yogyakarta.

Saat malam Puncak Sosok semakin terang dengan lampu hias warna–warni. Sangat indah pengunjung mengabadikan foto dengan latar belakang lampu malam perkotaan. Ada juga hiburan live musik di destinasi wisata yang mulai beroperasi sejak 2018 ini.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

Destinasi wisata yang berada di Dusun Jambon Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul ini dengan dilengkapi dengan spot–spot foto yang instagramable. Salah satu yang favorit yakni jembatan kayu karena bentuknya unik.

Puncak Sosok mulai beroperasi pukul 15.00 – 24.00 WIB. Mudah mengunjungi destinasi wisata yang tidak dipatok harga tiket masuk ini alias seikhlasnya saja. Kawasan wisata perbukitan ini berjarak kurang lebih 16 Kilometer dari Kota Yogyakarta. Dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara melewati Jalan Imogiri Timur.

3. Puncak Becici

puncak becici
Puncak Becici Bantul. (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Wisata alam ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau, udara yang masih segar dan hawa sejuk yang belum tercemar oleh polusi. Lokasinya berada di Gunung Cilik, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Destinasi wisata ini cocok bagi para pemburu sunset. Di Puncak Becici ini juga sudah disediakan camping ground yang cukup luas bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru. Wisatawan bisa bermain ayunan di kawasan Puncak Becici. Para pengelola sudah menyediakan ayunan. Bisa juga menyewa hammock untuk merelaksasi dan terapi dengan cara tiduran di atas hammock sembari berselaras dengan alam.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Banyak sekali spot foto yang ada disini terlebih lagi ketika sunset tiba, dengan background warna jingga dari pancaran matahari yang akan tenggelam membuat foto yang diambil sangat indah. Selain itu Puncak becici juga biasa digunakan untuk pemrotetan model sampai foto pre wedding karena alamnya yang indah.

Puncak Becici beroperasi mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB. Tiket cuma Rp2.500 per orang. Tarif parkir standar motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp20.000.

1. HeHa Sky View

Heha sky view
Heha Sky View Gunungkidul (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

HeHa Sky View menawarkan pemandangan langit di atas Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2 Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Rute termudah ke HeHa Sky View adalah melalui Jalan Jogja – Wonosari sekitar 12 kilometer, setelah melewati Tugu Selamat Datang Gunungkidul belok kanan ke Jalan Patuk – Dlingo sekitar 500 meter.

HeHa Sky View memiliki banyak spot foto keren. Untuk tarifnya Sky Glass Rp30.000 per orang, Wall Climbing Rp30.000 per orang, Sky Balloon Rp20.000 per orang, HeHa Aeroplane Rp.20.000 per orang, Reflecting Pool Rp10.000 per orang, Selfie Garden Rp10.000 per orang.

Baca Juga: Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

Kuliner yang ada beragam. Seperti Kebab Turki, Bakso Legenda, Taichan Kerakyatan, Huh Hah, Jagung Bakar Gadis Jingkrak, Nasi Berkat Khas Gunungkidul, Ropang Gendut, Warung Siomay Kang Yuda, Manis Manja Ice Cream, Pempek Eco, Pisang Keju Enak Poll, dan lainnya.

Buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB. Tiket masuk Senin – Jumat Rp15.000 – Rp20.000 per orang. Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp20.000 per orang.

5. Hutan Pengger

Pinus Pengger
Pinus Pengger Bantul (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Bagi penyuka jalan-jalan objek wisata, Hutan Pinus Pengger ini terbilang populer. Tempat ini dibuka secara resmi pada 7 April 2016. Detinasi wisata yang berada di Jalan Dlingo – Patuk, Kalurahan Terong, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Pesona malam hari di sini menakjubkan. Keindahan alam di ketinggian sambil melihat pemandangan Kota Yogyakarta yang mempesono. Wisatawan bisa camping dengan harga tiket masuk yang murah. Banyak spot selfi tersaji di sini. Di antaranya ada spot foto sarang burung, rumah pohon, tangga cinta, dan jembatan pohon.

Baca Juga: Bukit Paralayang Watugupit, Wisata Keren dengan Spot Terbaik Berburu Sunset di Yogyakarta

Salah satu spot foto yang diminati pengunjung pada malam hari yaitu spot sarang burung raksasa. Jika difoto pada malam hari akan terlihat kerlap kerlip pemandangan lampu Kota Yogyakarta.

Hutan Pengger mulai buka Buka: 07.00 – 23.00 WIB. Tiker masuk cuma Rp2.000. Wahana yang disewakan antara lain Hammock Rp10.000 per orang, Flying Fox Rp15.000 per orang, Camping Ground Rp15.000 per orang per hari.

6. Shoka Bukit Senja

Shoka Bukit Senja
Shoka Bukit Senja Gunungkidul (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Seperti namanya, objek wisata ini menarik di kala senja. Saat malam juga tidak kalah menariknya. Banyak yang bilang ini, destinasi wisata Shoka Bukit Senja ini paling romantis. Objek wisata yang berada di area hutan di Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kapanewon Purwosari, Purwosari, Gunungkidul ini sangat terkenal dengan spot untuk melihat sunset.

Baca Juga: Weekend Asyik Belajar Sambil Bermain di Agrowisata Bhumi Merapi Sleman Yogyakarta

Wisata ini berada di atas tebing Pantai Parantritis. Tak heran saat sore menjelang senja, banyak wisatawan yang sudah ramai naik ke atas Shoka Bukit Senja demi menikmati pemandangan Pantai Parangtritis dan matahari tenggelam dari atas ketinggian. Sebagian besar penikmat senja berasal dari kalangan muda mudi yang berburu foto dengan latar belakang hamparan pantai dan juga sunset menawan.

Destinasi ini mulai buka pukul 07.00 – 21.00 WIB. Tiket masuk Bukit Shoka sementara tidak dikenakan biaya alias gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan budget untuk parker kendaraan saja.

7. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit
Seribu Batu Songgo Langit (Foto: Facebook/Info Jogja Istimewa)

Nama Songgo Langit berasal dari bahasa Jawa memiliki arti sebagai penyangga langit. Konon nama ini diambil karena di lokasi ini ada bukit yang nampak seakan-akan menyerupai tiang yang berasal dari langit. Hutan pinus Songgo Langit membuat konsep yang anti mainstream serta menarik.

Jika biasanya setiap hutan pinus selalu menyediakan rumah pohon maupun gardu pandang di dalamnya. Sedangka Hutan Pinus Songgo Langit menyediakan fasilitas yang berbeda yaitu sebuah rumah hobbit.

Baca Juga: Menikmati Kuliner Ndeso dan Pesona Menoreh di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo

Destinasi wisata ini berada di Sukarame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Empat spot foto keren di objek wisata yang mulai buka pukul 06.00 – 23.00 WIB. Keeempat spot foto yang photogenic itu yakni Rumah Seribu Kayu, Rumah Hobbit, Panggung Alam, Taman Bunga Tumpah.

Selain itu, fasilitas yang ada cukup lengkap. Mulai dari toilet, jeep wisata, aula, mushola, warung aneka kuliner, panggung alam, flying fox, camping ground serta spot foto menarik. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *