Perbaikan Jalan Godean Sleman Rp1,8 Miliar, Hanya Menambal yang Berlubang

  • Whatsapp
perbaikan jalan godean
Penambalan Jalan Godean yang berlubang. (Foto: Istimewa)

Sleman – Keluhan warga dengan kondisi Jalan Godean yang mengalami kerusakan terutama dari Km 6,7 – Km 15 mendapat respons dari pemerintah. Kerusakan jalan sepanjang 8 Km ini sering mengannggu kelancaran lalu lintas bahkan kerap membahayakan keselamatan bagi penguna jalan.

Tahun ini perbaikan jalan sudah dilakukan. Namun, anggaran perbaikan mendapatkan Rp1,8 miliar. “Ruas Jalan Godean diusulkan ada pemeliharaan dan perbaikan tiap tahun. Tahun ini, mendapatkan Rp1,8 miliar sehingga tidak bisa memenuhi untuk buat jalan menjadi mulus. Hanya sekedar tambal saja,” kata Kabid Binamarga Dinas Pekerjaaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) Pemda DIY Kwaryantini Ampeyanti Putri saat meninjau lokasi, Selasa, 8 Maret 2022.

Read More

Baca Juga: Kapanewon Pundong Bantul Dapat Program Padat Karya Dua Lokasi

Dia mengatakan, terkait genangan di ruas jalan tersebut, hal itu disebabkan karena sebagian besar saluran drainase tertutup. Saat ada limpasan air hujan yang seharusnya masuk ke saluran drainase menjadi terganggu.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY, Gimmy Rusdin mengatakan hasil monitoring terhadap rusaknya ruas Jalan Godean sudah ada pemeliharaan jalan, terutama penambahan jalan yang berlubang.

Meskipun sudah dilakukan penambalan jalan, perlu ada kajian dan kebijakan agar tidak rusak lagi. “Untuk itu perlu terobosan baik dari Pemda DIY maupun Pemkab Sleman. Jalan rusak diduga karena transportasi yang melebihi tonase dan drainase,” ungkapnya.

Baca Juga: Jalan Sepanjang 1,6 Kilometer di Bantul ini Segera Menjadi Jalur Pedestrian

Dia mengatakan, sebenarnya ruas Jalan Godean ini mempunyai saluran gorong-gorong, namun tidak bisa mengetahui saluran tersebut tersumbat atau tidak karena sudah tertutup. Termasuk di atas gorong-gorong sebagian besar telah ditempati untuk berjualan sehingga sangat mengganggu sekali.

Sementara itu, berdasarkan data Binamarga DPUP ESDM DIY, total jalan provinsi yang ada di DIY, ada 760,45 kilometer yang tersebar di empat kabupaten yakni Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Sleman. Khusus di Kabupaten Sleman panjang Jalan Provinsi ada 116 km, terbagi atas 15 ruas jalan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *