Prakiraan Cuaca di Wilayah Jateng 14 – 16 Maret 2022

  • Whatsapp
Ilustrasi Hujan Lebat
Ilustrasi Hujan Lebat. (Foto: Pixabay)

Semarang – Sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) diperkirakan mengalami cuaca ekstrem mulai 14 hingga 16 Maret 2022. Cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno menjelaskan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan selatan Pulau Jawa dan Selat Karimata.

Read More

Baca Juga: Belasan Rumah di Semarang Dilaporkan Rusak Dampak Gempa Sesar Merbabu Merapi Telomoyo

Hal itu menyebabkan adanya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 14 – 16 Maret 2022 bisa terjadi di wilayah Jawa Tengah. Rincian kabupaten/kota sebagai berikut:

Tanggal 14 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kab/Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Tanggal 15 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab/Kota Semarang, Surakarta, Sukoharjo, Sragen, Kab/Kota Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Tanggal 16 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Boyolali, Brebes, Cilacap, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Salatiga, Kab Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab/Kota Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Baca Juga: Pariwisata Sleman Antisipasi Hadapi Cuaca Ekstrem La Nina

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” ucap Sutikno dalam siaran pers diterima BacaJogja, Senin, 14 Maret 2022.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci dapat mengakses:
1. Website https://www.bmkg.go.id.
2. Website http://cuacajateng.com/prakiraan/#jawa, untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan.
3. Akun media sosial @cuacajateng.
4. Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”.
5. Call center 196 BMKG.
6. Kantor BMKG terdekat. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *