Banjir Lahar Merapi Mengubur Truk Pasir di Sungai Gendol

  • Whatsapp
truk pasir merapi
Truk pasir terjebak dan terkubur banjir lahar di Sungai Gendol. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hujan yang mengguyur puncak Gunung Merapi menyebabkan aliran Sungai Gendol meningkat pada Selalsa, 19 April 2022. Dalam kejadian ini, satu armada truk terjebak dan terkubur pasir di hulu sungai Gendol.

Posisi truk terjebak berjarak sekitar 7 kilometer sisi selatan dari puncak Gunung.Merapi. Tdak ada jiwa dalam insiden ini.

Read More

Baca Juga: Tak Hanya di Sungai Boyong, BPPTKG Yogyakarta Sebut Sungai Kuning Juga Banjir Lahar

Relawan SAR DIY Unit Cangkringan RM Rhama mengatakan, kronologi kejadiannya sekitar pukul 10:45 WIB, visual Gunun Merapi tidak nampak. “Sinyal meliuk, dan pada pukul 11:35 WIB tiba-tiba aliran datang dengan intensitas sedang,” katanya, Selasa, 10 April 2022.

Saat kejadian itu, ada satu armada truk yang disopiri Nyamin, 36 tahun, warga Rejosari Kadenan menghadap ke utara. Armada muat itu awalnya sudah diperingatkan untuk putar balik menghadap ke selatan.

Baca Juga: As Roda Putus, 24 Truk Terjebak Banjir Lahar Merapi di Sungai Boyong Sleman

“Tetapi keburu aliran datang dan akhirnya terjebak. Untuk sopir dan penambang manual lari ke tempat yang aman dan selamat,” jelas RM Rhama.

Relawan Merapi ini mengungkapkan, untuk penanganan truk yang terjebak saat ini masih menunggu proses evakuas. “Tetapi dengan berbagai pertimbangan, melihat situasi dan kondisi, menunggu aliran sungai benar-benar surut dan visual cerah,,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *