Taman Serambi Surga, Wisata Alternatif di Malioboro Yogyakarta

  • Whatsapp
Taman Serambi Surga
Taman Serambi Surga Suryatmajan Yogyakarta. (Foto: Facebook/Antonius Saptono)

BacaJogja – Hadir destinasi wisata baru di kawasan Malioboro Yogyakarta. Namanya Taman Serambi Surga atau bisa disebut Suryatmajan River Garden. Lokasinya di Ledok Macanan, Suryatmajan, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta. Objek wisata penyangga Malioboro ini diresmikan Jumat, 22 April 2022.

Ketua LPMK Suryatmajan Paryanto mengatakan, Taman Serambi Surga merupakan upaya menata kawasan bantaran sungai agar menjadi indah, asri dan nyaman. Awalnya, kawasan ini merupakan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar. “Alhamdulillah sekarang menjadi asri dan nyaman serta layak menjadi destinasi wisata penyangga Malioboro,” katanya.

Read More

Baca Juga: Sejarah Alun-alun Utara Yogyakarta dan Makna 64 Pohon Beringin

Warga Ledok Macanan bisa membangun Taman Serambi Surga dengan berbagai potensi didalamnya seperti gazebo, taman, spot foto dan mural. Wisatawan bisa mengunjungi objek wisatayang terletak di timur Malioboro ini dengan hiasan berbagai mural di dinding sepanjang jalan menuju taman.

Di sekitar lokasi ada Sekar Mataram yang memproduk batik Sibori, Jumputan dan Ecoprint dalam berbagai produk fesyen. Wisatawan bisa mengunjungi lokasi dengan dalam paket Ngontel Heritage Tour yang merupakan wisata mengunjungi heritage Banon Anim, Prasasti Tetenger, Grand Inna dan kantor DPRD DIY yang dilakukan dengan sepeda ontel.

Taman Serambi Surga Suryatmajan
Taman Serambi Surga Suryatmajan Yogyakarta. (Foto: Facebook/Sebu)

Baca Juga: Lima Kampung Wisata Ini Ada Kehangatan Khas Warga Yogyakarta

Pemerintah kota Yogyakarta mengapresiasi warga setempat yang membangun kawasan di bantaran Sungai Code menjadi destinasi wisata ini. Maliboro sebagai ikon Yogyakarta membutuhkan penyangga dan alternatif destinasi wisata perkotaan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, persaingan industri pariwisata antar daerah semakin ketat. Daerah lain juga menciptakan dan meningkatkan kualitas destinasi wisata di wilayahnya. “Keberadaan Taman Serambi Surga akan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan lama huni wisatawan,” katanya.

Baca Juga: Mengenal Bebek Restorasi, Bengkel Spesialis Motor Jadul di Sleman

Sebagai destinasi wisata selain mempercantik lingkungan juga meningkatkan sumber daya manusia agar masyarakat bisa beradaptasi dan mendukung keberadaan destinasi wisata tersebut.

“Lakukan penataan lingkungan agar jalur masuk dan keluar wisatawan asri, aman dan nyaman bagi wisatawan dan buat SOP bagaimana dan siapa yang akan menerima wisatawan dan apa yang harus dilakukan masyarakat ketika ada wisatawan,” kata Heroe.

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta Ririk Banowati Permanasari mendukung pengembangan Taman Serambi Surga agar menjadi destinasi wisata yang asri, aman dan nyaman. “Kami mendukung upaya peningkatan fasilitas Taman Serambi Surga agar mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *