Enam Bakal Calon Rektor UGM Yogyakarta Jalani Debat Aspirasi

  • Whatsapp
debat bakal calon rektor UGM
Enam bakal calon Rektor UGM Yogyakata mengikuti acara debat aspirasi pada Forum Penjaringan Aspirasi Publik di Grha Sabha Pramana. (Foto: Dok UGM)

BacaJogja – Enam bakal calon Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengikuti Debat Aspirasi pada Forum Penjaringan Aspirasi Publik di Grha Sabha Pramana, Selasa, 26 April 2022. Acara ini merupakan rangkaian lanjutan proses Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027.

Keenam bakal calon rektor tersebut yakni:
1. Prof. Dr. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng (Fakultas Peternakan)
2. Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto (Fakultas Teknik)
3. Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng) (Fakultas Teknik
4. Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan)
5. Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M (Fakultas Hukum)
6. Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D (Fakultas Kedokteran Hewan).

Read More

Baca Juga: Daftar Enam Nama Bakal Calon Rektor UGM Yogyakarta Periode 2022-2027

Pada forum ini, semua bakal calon rektor diberi kesempatan memaparkan program kerja melalui tayangan video serta paparan dalam waktu 10 menit. Setelah itu forum penjaringan aspirasi kemudian sesi debat yang terbagi ke dalam tiga segmen.

Ketua Panitia Kerja Prof. Dr.Apt. Subagus Wahyuono mengatakan, segmen pertama yakni debat aspirasi umum. Moderator membacakan pertanyaan dari Panitia Kerja, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Dosen, Guru Besar, dan Alumni. Segmen kedua, bakal calon rektor menjawab pertanyaan atau aspirasi khusus dari anggota Senat Akademik. Segmen ketiga bakal calon rektor saling menanggapi materi presentasi yang sudah disampaikan.

Baca Juga: Penjelasan Prof UGM Karna Wijaya soal Unggahan Ade Armando yang Bikin Gaduh

Pada acara penjaringan aspirasi ini ada komunikasi dua arah antara bakal calon rektor dengan para hadirin dari Senat Akademik, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan sebagainya. “Forum penjaringan aspirasi publik ini merupakan forum dalam proses menuju seleksi bakal calon rektor oleh Senat Akademik,” katanya.

Proses Seleksi dan Pemilihan Rektor merupakan perhelatan besar 5 tahunan UGM dalam mengaplikasikan demokrasi di perguruan tinggi. Seluruh proses seleksi dirancang dan dilaksanakan berdasarkan peraturan Majelis Wali Amanat, yaitu terbagi ke dalam 3 tahapan utama.

Baca Juga: UGM dan UNY Masuk 5 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi SIR 2022

Tahap pertama adalah penjaringan bakal calon rektor, yang kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi bakal calon rektor oleh Senat Akademik pada tanggal 12 Mei mendatang, yang akan mengerucutkan jumlah calon rektor menjadi tiga orang.

Pada tahapan terakhir, Majelis Wali Amanat akan melaksanakan pemilihan dan penetapan calon rektor pada tanggal 20 Mei. Proses seleksi dan pemilihan rektor dilaksanakan sebelum masa bakti rektor saat ini yang berakhir pada tanggal 28 Mei 2022.

Baca Juga: UGM Yogyakarta Terima 9.210 Mahasiswa Baru, Termuda Usia 15 Tahun

Sebelum Forum Penjaringan Aspirasi Publik, Panitia Kerja juga telah menggelar Sarasehan Nyawiji Menuju UGM 1 pada 9 – 16 April 2022. Kegiatan sarasehan terbagi dalam lima agenda, yaitu Forum Sarasehan Tenaga Kependidikan pada 9 April 2022, Forum Sarasehan Mahasiswa 10 April, Forum Sarasehan Dosen pada 12 April, Forum Sarasehan Guru Besar 14 April dan terakhir Forum Sarasehan Alumni pada Sabtu 16 April. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *