UGM Yogyakarta Terima 9.210 Mahasiswa Baru, Termuda Usia 15 Tahun

  • Whatsapp
Balairung UGM
Balairung UGM Yogyakarta. (Foto: Dok. UGM)

Yogyakarta – Sebanyak 9.210 mahasiswa baru resmi diterima Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Tahun Akademik 2021/2022, baik rogram Sarjana dan Diploma IV. Mereka mengikuti upacara penerimaan mahasiswa yang dilakukan secara daring, Senin, 2 Agustus 2021.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM Djagal Wiseso Marseno mengatakan, sebanyak 9.210 mahasiswa baru yang terdiri dari 7.798 mahasiswa Program Sarjana dan 1.412 mahasiswa Program Diploma IV/Sarjana Terapan. “Dari jumlah yang diterima terdapat 22,6 persen mahasiswa merupakan penerima bantuan KIP K yang dulu merupakan program Bidikmisi,” ungkapnya.

Read More

Pada program Sarjana, jumlah lulusan sekolah menengah yang memilih UGM baik sebagai pilihan 1, 2, maupun 3 sejumlah 165.123 orang yang tersebar di 70 program studi. Sedangkan yang memilih Program Diploma IV/Sarjana Terapan pada tahun ini 21.063 untuk 21 program studi.

“Mahasiswa termuda yang diterima tahun ini adalah Mutiara Anindyana Hapsari yang diterima di Fakultas Farmasi dengan usia 15 Tahun, 7 bulan, 22 hari,” ungkapnya.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Kagum Vaksinasi Drive Thru UGM Yogyakarta Tertib dan Merakyat

Dia mengatakan, pada tahun 2021 ini, UGM juga menerima mahasiswa asing dari Iran, Qatar, Uni Emirat Arab dan lainnya. Mereka mengikuti program double degree atau program sarjana.

Sementara itu, Rektor UGM Yogyakarta Panut Mulyono dalam sambutannya mengatakan, dalam 71 tahun perjalanan UGM selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung seluruh sivitas akademika dalam mengembangkan kreativitasnya. Salah satu wujudnya capaian UGM memperoleh juara satu selama empat tahun berturut-turut dalam pengelolaan di bidang kemahasiswaan dan PIMNAS.

Selain itu, UGM juga meraih sederet prestasi lainnya dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional. “Kreativitas mahasiswa saat ini juga akan lebih dapat disalurkan dan diapresiasi dengan adanya program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya dalam sambutan.

Baca Juga: Calon Ikon Yogyakarta Segera Hadir di UGM

Panut mengatakan, sebagai bagian dari keluarga besar UGM, para Gamada diharapkan mampu memegang dan melanjutkan estafet perjuangan dengan terus mengembangkan minat dan bakat, serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi. Peningkatan potensi diri Gamada dapat diraih melalui keaktifan di berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik.

Rektor berpesan kepada para Gamada untuk bersama-sama, mengusung segenap modal sosial yang tersebar di seluruh penjuru negeri untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dicita-citakan. “Kini, kalian telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada. Untuk itu, tanggung jawab besar telah diserahkan di pundak kalian dengan harapan yang besar dan niat yang luhur untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *