Pentingnya Memaksimalkan Nutrisi Susu dan Kurma pada Minggu Terakhir Puasa

  • Whatsapp
susu dan kurma
Susu dan kurma. (Foto: Hipwee-Infoglitz)

BacaJogja – Memasuki minggu terakhir puasa, memilih asupan nutrisi yang tepat sangat penting bagi tubuh. Dibutuhkan imunitas tubuh yang baik agar tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat, cukup kalori, serta zat gizi yang lengkap dan seimbang yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan dengan gizi seimbang adalah makanan yang mengandung berbagai zat gizi, di antaranya karbohidrat, protein, lemak yang sesuai, serta berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Read More

Baca Juga: Protein Telur Mentah Lebih Tinggi Saat Dikonsumsi? Pemahaman Keliru

Dokter Sepsialis Gizi dr. Feni Nugraha Mars, Mgz, SpGK menyatakan, berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu.

“Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Di dalam 1 gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg, yang setara dengan 30 persen kebutuhan kalsium harian kita. Selain susu, kurma juga merupakan salah satu makanan pilihan selama menjalankan puasa,” katanya dalam siaran pers, Rabu, 27 April 2022.

Baca Juga: Empat Tips Agar Mag Tidak Kambuh Saat Puasa Ramadan

Dokter Gizi Klinik yang berpraktik di Rumah Sakit Premier Jatinegara ini mengatakan, menurut data USDA (United States Department of Agriculture) Food Data Central, kurma mengandung tinggi karbohidrat, serta mengandung protein, lemak, serat, juga berbagai vitamin dan mineral.

Kurma juga baik dikonsumsi ketika bulan puasa karena mengandung karbohidrat yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang merupakan sumber energi tubuh yang dibutuhkan untuk menjalankan puasa 14 jam. Kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi pada kurma merupakan bentuk gula sederhana yang dapat cepat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Baca Juga: Anemia Bahaya bagi Ibu Hamil, Begini Cara Mencegahnya

Feni mengatakan, data dari International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan, kurma kaya akan nutrisi, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama puasa, baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Dalam 1 butir kurma dengan berat 24 gram mengandung 66 kalori dan gula 16 gram.

Menurut dia berpuasa bukan halangan untuk beraktivitas seperti biasa. Namun harus lebih memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka. Susu kurma bisa menjadi pilihan yang sehat dan juga mudah diolah menjadi berbagai menu favorit keluarga seperti takjil saat berbuka maupun hidangan pencuci mulut.

“Selain mengandung protein hewani, susu kurma juga mengandung zat gizi lain, seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral,” ujar dr. Feni. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *