Slasar Malioboro dan Empat Tempat Kuliner Asyik di Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
5 tempat kuliner jogja
Lima tempat kuliner di Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Dispar Kota Yogyakarta)

BacaJogja – Libur panjang Lebaran 2022 sudah berakhir. Saatnya menyambut liburan panjang yang lain, yakni Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. Lumayan libur selama tiga hari, mulai Sabtu hingga Senin.

Seperti biasanya, setiap liburan panjang, Yogyakarta diserbu wisatawan. Sebagai gambaran berdasarkan data dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya (PKCB) Kota Yogyakarta, saat libur panjang Lebaran 2022, pengunjung Teras Malioboro II sebanyak 25.000 per hari.

Read More

Baca Juga: Warung “U” Miliran Yogyakarta, Dulu Jaya Kini Tinggal Kenangan

Nah, saat liburan panjang Waisak nanti, jangan lewatkan kuliner yang dahsyat di Yogyakarta. Sudah dikenal banyak orang, Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki segudang kuliner dari berbagai jenis olahan.

Kuliner Yogyakarta yang unik dan beragam ini membuat wisatawan ingin kembali lagi untuk menjajal dan menikmati masakan khas Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Nasi Goreng Cak Roni, Populer di Yogyakarta dalam Dua Tahun Pandemi

Berikut ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta merekomendasikan lima tempat kuliner yang pas saat liburan di ibu kota Provinsi DIY ini. Mana saja lima tempat itu?

1. Rooftop Ngabean
Lokasinya di atas kantong parkir Ngabean atau eks terminal lama Ngabean. Berada di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 3 Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta atau sebelah barat sekitar 1 kilometer dari Titik Nol Yogyakarta.

2. Slasar Malioboro
Berada di Jalan Pasar Kembang Jogja atau sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Cukup dekat dengan Jalan Malioboro. Tempatnya romantis yang dikelilingi bangunan cagar budaya sambil menikmati lalu lalang kendaraan di sisi selatan.

Baca Juga: Gulai Sapi Pak Samin yang Legendaris, Ada Kemurahan Hati Warga Jogja

3. Teras Malioboro 1
Tempat ini tergolong baru, yakni sejak relokasi PKL Malioboro. Lebih tepatnya di seberang jalan sebelah barat Pasar Beringharjo atau yang dulu Gedung Bioskop Indra. Sajian kuliner beragam sama seperti dengan saat masih berjualan di sepanjang Jalan Malioboro. Untuk harga sudah dipajang di setiap lapak, sehingga tidak perlu khawatir dipatok mahal.

4. Teras Malioboro 2
Sama seperti Malioboro 1, Tempat ini juga baru, sejak relokasi PKL Malioboro. Teras Malioboro 1 ini masih berada di Jalan Malioboro, tepatnya di bekas Kantor Dinas Pariwisata DIY atau tepat sebelah utara Kantor DPRD DIY. Akses masuk bisa lewat Jalan Malioboro di sisi barat atau Jalan Mataram di sisi timur.

Baca Juga: Mie Talk Demangan, Surga Kuliner Murah Meriah yang Lezat di Yogyakarta

5. Gudeg Wijilan
Kawasan ini merupakan sentra kuliner khas Yogyakarta yang melegenda, Gudeg. Lokasinya berada di sisi timur sekitar 200 meter dari Alun-alun Utara Kota Yogyakarta. Penanda kawasan ini yakni Plengkung Wijilan atau Plengkung Tarunasura yang berada di Jalan Ibu Ruswo. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *