Pererat Catur Sagatra, Puro Mangkunegaran Kunjungi Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
kunjugan ke kraton
Puro Mangkunegaran silaturahami mengunjungi Keraton Yogyakarta. (Foto: Dok Keraton Yogyakarta)

BacaJogja – Adipati Puro Mangkunegaran Sampeyan Ingkang Jumeneng (SIJ) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 14.15 WIB.

Kanjeng Gusti Mangkunagoro X datang bersama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dan perwakilan kerabat. Rombongan tiba di kompleks Ndalem Kilen dan diterima oleh GKR Hayu serta KPH Notonegoro.

Read More

Baca Juga: Sejarah Alun-alun Utara Yogyakarta dan Makna 64 Pohon Beringin

Selanutnya menuju Pendapa Ndalem Kilen, Kanjeng Gusti Mangkunagoro X disambut oleh Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10. Turut hadir mendampingi Putri Dalem GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, serta Mantu Dalem KPH Wironegoro dan KPH Notonegoro.

SIJ KGPAA Mangkunagoro X mengatakan, silaturahmi penerus Dinasti Mataram ini sejatinya mengulang kembali semangat para leluhur dalam menjalankan marwah Kerajaan Mataram. “Kami ingin mempererat hubungan Catur Sagatra dengan harapan bisa berkolaborasi ke depannya dalam hal pelestarian dan pengembangan kebudayaan,” katanya.

Baca Juga: Mengenal Lima Masjid Pathok Negara Keraton Yogyakarta di Sleman dan Bantul

Catur Sagatra itu sebuah konsep untuk menyebut pertalian Dinasti Mataram yang terdiri dari empat trah atau keluarga besar yakni Kasunanan Surakarta, Puro Mangkunegaran, Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman.

Silaturahmi ini merupakan kelanjutan usai pengukuhan KGPAA Mangkunagoro X pada Sabtu, 12 Maret 2022 lalu. Sri Sultan saat itu bersama Permaisuri GKR Hemas menghadiri agenda penobatan di Puro Mangkunegaran.

Baca Juga: Yogyakarta Menuju Kota Warisan Dunia, Keraton Lakukan Pemuliaan Alun-alun Utara

Kanjeng Gusti Mangkunagoro X mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ngarsa Dalem beserta Putri Dalem dan Sedherek Dalem pada prosesi pengukuhan kemarin. “Selain itu, kami juga belajar untuk pengelolaan dan pelestarian budaya khususnya di lingkungan keraton,”katanya.

Kanjeng Gusti Mangkunagoro X banyak berbincang dan bertukar pikiran dengan Ngarsa Dalem terkait pengelolaan keraton baik dari fisik, promosi, sumber daya manusia, aset, dan pengembangan seni kebudayaan. Para Putri Dalem dan Mantu Dalem juga berbagi pengalaman tentang mengelola keraton sesuai tugas masing-masing.

Silaturahmi ini berlangsung selama dua jam dengan suasana penuh keakraban. Sekitar pukul 16.30 WIB, kunjungan ini berakhir dan rombongan bertolak meninggalkan Keraton Yogyakarta. (kratonjogja)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *