Peringatan Dini Potensi Banjir Rob Pesisir Selatan Jawa 12-15 Agustus 2022

  • Whatsapp
ilustrasi banjir rob
Ilustrasi banjir rob. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Badan Meteorologi Klimotologi dan Goefisika Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir atau rob yang berlaku 12-15 Agustus 2022.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Deas Achmad Rivai mengatakan, adanya fenomena fase Bulan Purnama yang bersamaan dengan Parigee atau jarak terdekat bukan ke bumi pada tanggal 10 Agustus 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Read More

Baca Juga: Bulan Purnama – Supermoon Potensi Picu Banjir Rob di Yogyakarta

“Berdasarkan pantauan dari water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada 12-15 Agustus 2022,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 12 Agustus 2022

Di pesisir selatan Jawa meliputi pesisir selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta.

Baca Juga: Waspada, Bulan Purnama Picu Potensi Banjir Rob Pantai Selatan Jawa 10-19 Juli 2022

Potensi bannjir rob diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *