Gempa M 3,7 Guncang Kediri Berpusat di Darat Akibat Sesar Lokal

  • Whatsapp
gempa kediri
Gempa M 3,7 Guncang Kediri Berpusat di Darat. (Foto: BMKG)

BacaJogja – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,7 mengguncang Kediri, Jawa Timur pada Jumat, 26 Agustus 2022 pukul 04.55.24 WIB. Gempa bumi yang berpusat di darat ini akibat adanya aktivitas Sesar lokal.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,768° LS; 111,976° BT. “Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah Barat laut Kota Kediri pada kedalaman 9 kilometer,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 26 Agustus 2022.

Read More

Baca Juga: Gempa M5.3 Barat Daya Pacitan Terasa di Bantul dan Sleman

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar lokal. Dampak Gempa bumi dirasakan di daerah Kediri, Barong, Nganjuk II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Baca Juga: Selatan Jawa Timur Sabtu 9 Juli 2022 Diguncang Gempa 71 Kali

Menurut dia, hingga pukul 05.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *