Warga Godean Sleman Antusias Vaksinasi Booster di Balai Kalurahan

  • Whatsapp
vaksinasi booster di godean
Vaksinasi booster dan primer di Balai Kalurahan Sidoarum, Godean, Sleman. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Warga Kalurahan Sidoarum, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terlihat antusias mengikuti vaksinasi booster dan primer yang digelar di balai kalurahan setempat, Senin, 5 September 2022.

Panitia menyiapkan dua tenda besar di halaman balai kelurahan untuk proses pendaftaran dan skrining. Sedangkan penyuntikan vaksin dilakukan di dalam aula balai kalurahan.

Read More

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Dosis 1,2 dan Booster di Sleman City Hall September 2022

Supriyati, 40 tahun, warga Sidoarum Godean mengatakan, sengaja datang ke sini untuk vaksinasi booster. Dia mengaku baru punya kesempatan karena punya kesibukan jualan di Pasar Godean. “Mumpung lokasinya dekat, saya sempatkan vaksin di sini. Rumah saya cuma di belakang balai kalurahan ini,” katanya usia menjalani vaksinasi booster, Senin, 5 September 2022.

antrean vaksinasi di godean
Warga antusoas untuk ikut vaksinasi booster dan primer di Balai Kalurahan Sidoarum, Godean, Sleman. (Foto: BacaJogja)

Vaksinasi ini merupakan gelaran Pemkab Sleman bekerja sama dengan sejumlah instansi, termasuk dengan Badan Intelijen Daerah (Binda) Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksaan vaksinasi jemput bola di tingkat kalurahan ini memang untuk mendekatkan dan mempermudah masyarakat.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Tingkat Kalurahan di Sleman, Jangkau Lebih Luas Masyarakat

Posda Vaksinasi BINDA DIY Rudi Kurniawan mengatakan, pihaknya terus mendorong akselrasi vaksinasi Covid-19 seperti dengan melakukan jemput bola. Langkah ini untuk menggenjot capaian vaksinasi. “Program ini menyasar langsung ke kalurahan dan pedukuhan termasuk pondok pesantren,” katanya di sela peninjauan vaksinasi di Balai Kalurahan Sidoarum, Godean, Sleman.

Menurut dia, capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di DIY masih di bawah 50 persen. Berdasarkan data Satgas Covid-19 DIY, vaksinasi dosis ketiga di DIY telah diberikan kepada 1,19 juta orang atau sekitar 41,43%. Jumlah itu terdiri atas nakes 51.854 (153,4%), pelayan publik 210.919 (63,01%), lansia sebanyak 176.009 (37,22%), umum di angka 729.703 (42,26%) dan remaja 24.631 (7,9%).

Baca Juga: Aturan Terbaru Naik KA per 30 Agustus 2022 Wajib Booster, PCR Tak Berlaku Lagi

Dia mengatakan, vaksinasi yang digelar di tingkat kalurahan mendapat respons positif warga. Selain itu, juga karena ada aturan baru berupa Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19 menyebutkan per 30 Agustus 2021 para pengguna KAI wajib sudah disuntik booster.

“Surat itu cukup meningkatkan animo pencari booster. Di beberapa sentra vaksinasi, tidak sedikit warga melakukan booster untuk antisipasi ketika akan perjalanan menggunakan kereta api,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *