Vaksinasi Booster Tingkat Kalurahan di Sleman, Jangkau Lebih Luas Masyarakat

  • Whatsapp
vaksinasi booster seyegan sleman
Vaksinasi booster di Kalurahan Margoagung, Seyegan, Sleman. (Foto: BacaJofja)

BacaJogja – Vaksinasi booster yang dilakukan di tingkat kalurahan di Kabupaten Sleman semakin bisa menjangkau warga. Dalam sehari vaksinasi dilakukan di 3-5 lokasi balai kalurahan. Tiap kalurahan targetnya 1.000 orang.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan kerja sama antara Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). “Vaksinasi ini merupakan upaya jemput bola untuk mempercepat capaian vaksinasi ketiga atau booster,” kata Koordinator vaksinasi Binda DIY wilayah Sleman, Adi Riyanto di sela vaksinasi di Balai Kalurahan Margoagung, Seyegan, Sleman, Kamis, 1 September 2022.

Read More

Baca Juga: Aturan Terbaru Naik KA per 30 Agustus 2022 Wajib Booster, PCR Tak Berlaku Lagi

Menurut dia, upaya jemput bola hingga ke tingkat desa sejauh ini cukup efektif, dalam meningkatkan capaian vaksinasi booster di wilayah Sleman. Jangkauannya lebih luas hingga ke pelosok kalurahan karena tiap dari ada 3-5 balai kalurahan menjadi lokasi vaksinasi booster.

Adi mengungkapkan, vaksinasi jemput bola hingga ke desa-desa disambut positif warga. Mereka lebih dekat untuk ikut vaksinasi dan tidak harus ke lokasi yang jauh dari tempat tinggalnya.

Baca Juga: Capaian Booster di Sleman 43 Persen, BINDA DIY Terus Genjot Vaksinasi

“Jika hanya difokuskan di sentra-sentra vaksinasi, masyarakat yang tinggalnya jauh tak akan terjangkau. Warga sebenarnya sadar akan pentingnya vaksinasi ini, tapi kalau jauh kan akhirnya mereka juga ogah-ogahan,” jelasnya.

Dalam setiap vaksinasi di tingkat kalurahan ini, antusias warga cukup tinggi. Ada beberapa lokasi yang vaksinasinya lebih 1.000 peserta. “Rata-rata 800-900 orang tiap kalurahan datang untuk ikut vaksinasi booster ini,” kata Adi.

Baca Juga: Selain Sleman City Hall, Hari Ini Vaksinasi Booster juga Digelar Lima Kalurahan

Dia optimistis target vaksinasi bisa terwujud seperti yang dicanangkan Gubernur DIY ini dapat tercapai. Apalagi antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini masih tinggi ternyata. “Bahkan mungkin 95 persen masyarakat menyambut positif dilaksanakannya vaksinasi di desa-desa,” ujarnya.

Sekadar informasi, vaksinasi booster hingga ke tingat desa di Kabupaten Sleman telah dimulai sejak 22 Agustus 2022 sampai dengan 6 September 2022 mendatang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *