Filosofi Logo dan Makna Tema HUT ke-266 Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
logo dan makna tema HUT Kota Jogja
logo dan makna tema HUT Kota Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Setiap tanggal 7 Oktober menjadi momentum bersejarah bagi Kota Yogyakarta. Ibu Kota Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta ini tahun ini merayakan ulang tahun yang ke-266.

Pada perayaan HUT ke-266 ini, Pemkot Yogyakarta sudah menentukan Logo HUT 266 Kota Yogyakarta. Rencananya peluncuran logo di Jakarta bersamaan Kota Yogyakarta mengisi kegiatan Pesona Nusantara program dari DIY. Selain itu, pada saat yang sama logo juga diluncurkan di kawasan Jembatan Kleringan.

Read More

Baca Juga: Daftar 14 Event Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Lengkap!

Logo HUT 266 Kota Yogyakarta tahun ini berupa gunungan yang terdiri dari beberapa elemen, yakni motif flora hijau, motif lengkung emas, ornamen umplak joglo, lengkung emas, ulir tugu, dan ekor garuda. Elemen-elemen tersebut mewakili berbagai unsur yang menjadi pondasi dalam pembangunan di Kota Yogyakarta.

Secara filosofis, hal tersebut menunjukkan bahwa cita-cita pembangunan Kota Yogyakarta hanya dapat diwujudkan dengan kemanunggalan antara pemimpin dan masyarakat.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival Kembali Hadir di Tugu Yogyakarta

Pada HUT-266 ini, Pemkot Yogyakarta mengambil tema Sulih Pulih Luwih. “Tema ini merupakan momentum menunjukan tekad bersama menyongsong situasi kembali optimistis,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat jumpa pers, Senin, 27 September 2022.

Tema sulih pulih luwih menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik. Sulih berarti berpindah dan beradaptasi dalam keadaan baru yang lebih baik, Pulih berarti sembuh, dan Luwih berarti berkembang menjadi lebih baik.

Baca Juga: Tanggap Tanggon Tuwuh, Makna Tema HUT ke-265 Kota Yogyakarta

“Tema ini dimaknai sebagai bentuk kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil melewati pandemi Covid-19 dengan fase lebih baik. Semangat yang dibangun adalah semangat untuk menunjukan tekad bersama bangkit menuju pada situasi normal dan kondusif,” jelasnya.

Baik tema maupun logo HUT ke-266 Kota Yogyakarta, mempunyai makna dan filosofi yang menggambarkan semangat masyarakatnya untuk bangkit memajukan Kota Yogyakarta tercinta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *