Kerajinan Rumah Kayu Keren Karya Suhatso di Yogyakarta

  • Whatsapp
perajin hiasan rumah kayu
Suhatso saat membuat kerajinan bangunan rumah dari tripleks dan kayu jati. (Foto: Yehezkiel Kosay)

BacaJogja – Suhatso, seniman ini yang memiliki bakat luar biasa. Dia membuat kerajinan bangunan rumah dari tripleks dan kayu jati.

Hiasan rumah dinding yang terbuat dari kayu ini mencuri perhatian orang, terutama bagi mereka yang suka menghiasi dinding rumahnya agar terlihat keren dan menarik.

Read More

Baca Juga: Nilai Ekspor Industri Kreatif Bantul Rp2,3 Triliun, Tertinggi di Yogyakarta

Suhatso Tembok adalah nama dari pemilik hiasan rumah kayu ini. Dia memajang dan berjualan hasil karyanya ini di pinggir jalan depan Toko Mirza Snack di bilangan Jalan Kiai Mojo Yogyakarta.

Sebelum berjualan hiasan rumah kayu sekarang ini, dulu Suhatso sempat bekerja di mebel kayu. Di mebel tempatnya bekerja ini membuat lemari, kursi, meja dan lainnya. Kemudian pada 2018 pertama kalinya Suhatso bekerja dan mulai membuat hiasan rumah kayu untuk dijual.

Baca Juga: Jogja International Creative Arts Festival, Bantul Jadi Etalase Kriya Dunia

Jadi tidak kaget lagi hasil karyanya. Hiasan rumah kayunya yang bagus dan keren. Hal yang unik dari Suhatso adalah cara membuat hiasan rumah kayu hanya mengunakan dengan alat-alat sederhana. Seperti alat potong, amplas dan cat kayu terlebihnya tanpa alat ukur.

Suhatso berhasil membuat lebih dari 10 hiasan rumah kayu dan sudah terjual sebanyak enam biji.

Baca Juga: Bening Craft Jogja, Menyulap Limbah Kaca Menjadi Kerajinan Siap Ekspor

Ia mengatakan, untuk satu hiasan rumah kayu proses pengerjaannya lebih dari satu bulan. Saking telitinya ia menghaluskan tripleks dan kayu hiasannya butuh waktu 2 minggu agar terlihat lebih halus dan menarik.

Suhatso juga berkata jika ingin memesan sesuai keingin masing-masing, cukup menunjukkan gambar rumah dan memberi uang muka untuk membeli alat-alat yang diperlukan. []

Artikel dikirim oleh Yehezkiel Kosay, mahasiswa Program Study Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *