Sultan Minta PLN Tingkatkan Listrik Andal di Bantul dan Gunungkidul

  • Whatsapp
audiensi PLN - sultan
General Manager (GM) PT PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan DIY, AB Wahyu Jatmiko saat audiensi kepada Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa, 18 Oktober 2022. (Foto: Dok. Pemda DIY)

BacaJogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kepada PLN memberikan layanan yang baik di Yogyakarta bagian selatan, yakni Bantul dan Gunungkidul. Salah satu alasannya di dua kabupaten tersebut punya potensi besar di bidnag perikanan dan kelautan.

Pemda DIY sesuai dengan tema visi misi yang diangkat yakni kelanjutan visi pembangunan DIY periode sebelumnya yakni “Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja”.

Read More

Baca Juga: Pemasangan Jaringan Borobudur, Daerah di Kulon Progo Ini Padam Listrik 5 Jam

Hal itu diungkapkan General Manager (GM) PT PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan DIY, AB Wahyu Jatmiko saat audiensi kepada Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa, 18 Oktober 2022.

Jatmiko mengatakan, Sri Sultan dalam arahannya kepada PLN supaya kelistrikan di Jateng-DIY, khususnya di DIY semakin baik, andal, pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat. “Terutama beliau ingin supaya di DIY, di dalam program-program pembangunan, terutama industri di daerah Parangtritis, Samas, Gunungkidul bisa dibantu penuh oleh PLN,” ujar Jatmiko.

Baca Juga: Destinasi Wisata Gunung Cilik dan Becici Bantul Hari Ini Listrik Padam

Dia berkomitmen menindaklanjuti arahan tersebut. Pihaknya akan melakukan sinergi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan OPD yang ada di DIY. Selanjutnya, akan dibuat MoU antara Gubernur DIY dengan Dirut PLN agar memiliki payung kegiatan yang jelas.

Menurut dia, dari arahan tersebut, tergambar bahwa potensi yang ada di DIY, terutama kelistrikan akan dikembangkan dan diintegrasikan dengan industri. Di Kawasan Gunungkidul dan Bantul ada industri kelautan. Pengembangan yang bisa dilakukan misalnya pada penyediaan cool storage hingga industri pengolahan.

Baca Juga: Dampak Angin Kencang di Yogyakarta, Listrik 354.235 Pelanggan Padam

“Di situlah PLN berperan, karena membutuhkan listrik. DIY memiliki potensi pembangkit renewable seperti panas dan angin,” terang Jatmiko.

DIY memiliki infrastruktur perikanan tangkap antara lain pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng di Gunungkidul dan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarta di Kulonprogo yang dalam tahap pembangunan. Adanya infrastruktur yang lebih baik, akan menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat pesisir.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *