Rute dan Penutupan Jalan Saat Parade Wisata Budaya Nusantara di Kulon Progo

  • Whatsapp
Rute dan Penutupan Jalan Saat Parade Wisata Budaya Nusantara di Kulon Progo
Rute dan Penutupan Jalan Saat Parade Wisata Budaya Nusantara di Kulon Progo. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Parade Atraksi Wisata Budaya Nusantara digelar di Kulon Progo. Acara digelar pada Sabtu, 22 Oktober 2022 mulai pukul 2022. Event ini bagian dari Menoreh Tourism Festival 2022 dalam rangka menyemarakkan HUT atau Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-71.

Peserta dalam Parade Atraksi Wisata Budaya Nusantara ini tidak hanya dari kabupaten di DIY, namun juga dari kabupaten lain. Mereka akan menampilkan kekhasan wisata budayanya masing-masing.

Read More

Baca Juga: Saksikan! Kirab dan Display Drumband AAU di Malioboro dan Kulon Progo

Berikut daftar pesertanya: Kontingen Drumband Gita Dirgantara AUU Yogyakarta, Temamggung, Kebumen, Purworejo, Pekalongan, Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, Banyumas, Wonogiri, Magelang, Ponorogo, Bangkalan, Lampung Selatan, Magetan, Subang, Banyuwangi, Cirebon, Bandung dan Bangka Belitung.

Parade atraksi start dari Taman Budaya Kulon Progo dan finish di Simpang Empar Pasar Wates. Adapun rute detailnya sebagai berikut:
Taman Budaya Kulon Progo -> Simpang Tiga Serut -> Kemenag Kulon Progo -> Simpang Empat SGO -> SD Percobaan IV -> Display di Depan Rumah Dinas Buati -> Eks Dinas Kesehatan -> Perlintasan Kerera Api Area Sawah -> Display II dan finish di Simpang Empar Pasar Wates.

Baca Juga: Rekor MURI Geblek Renteng Terpanjang di Kulon Progo dan Rute Kirab Budaya

Selama event ini dilakukan manajemen lalu lintas atau penutupan jalan. Langkah ini demi kelancaran event sekaligus memberikan kesempatan bagi warga yang ingin menyaksikan tontonan gratis ini. Total ada sembilan ruas jalan yang ditutup.

Berikut penutupan jalan yang dilakukan:
– Simpang 3 Kembang ditutup, kenaraan dari arah Milir atau selatan, dapat melalui Jalan Drewolo sampai Simpang 3 Kepek atau sebaliknya.

– Simpang 3 Kecamatan Pengasih ditutup, kendaraan dari arah Waduk Sermo dan Clereng menuju selatan, diarahkan ke Jalan Drewolo atau Simpang 3 Kepek

Baca Juga: 10 Link Twibbon Keren untuk Menyemarakkan HUT ke-71 Kulon Progo

– Simpang 4 Bulu ditutp untuk kendaraan dari arah Waduk Sermo dan Clereng menuju Selatan arah Wates dialihkan ke Jalan Drewolo atau Simpang 3 Kepek

– Simpang 3 Asem Gede ditutup, kendaraan dari utara diarahkan ke barat ke Jalan Asem Gede arah ke Beji

– Simpang 3 Tunjungan ditutup, kendaraan dari utara diarahkan ke barat arah Teteg Cekelan.

– Simpang 4 Barat RSUD ditutup, kendaraan dari utara diarahkan ke selatan arah Teteg Cekelan.

– Simpang 3 Kantor Pos Wates ditutup, kendaraan dari arah selatan (Jalan Nasional- belok ke kiri arah Pasatr Cikli Kokap, dari baray belok kanan melalui Jalan Nasional.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Rangkaian Event HUT ke-71 Kulon Progo

– Jalan Brigjend Katamso ditutup, kendaraan dari arah timur, barat dan selatan diarahkan melalui Jalan Nasional.

– Simpang 3 Gadingan ditutup, kendaraan yang dakan melewati Gadingan bisa melalui Jalan Polres Kulon Progo (barat Polres).

Pada hari yang sama, pukul 08.30 WIB juga ada event menarik, yakni pemecahan rekor MURI Geblek Terpanjang yang digelar di Alun-alun Wates. Geblek untuk Rekor MURI punya makna dengan HUT ke-71 Kulon Progo dengan angka serba 71. Jajanan khas Bumi Binangun ini memiliki panjang 710 meter dan dikerjakan 71 perajin. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *