248 CCTV di Area Publik Kota Yogyakarta Terhubung ke Polda DIY

  • Whatsapp
Mou CCTV
Pemkot Yogyakarta dan Polda DIY melanjutkan kerjasama perpanjagan CCTV. (Foto: Dok Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Sebanyak 248 Closed Circuit Television (CCTV) sudah terpasang di area publik dan strategis di Kota Yogyakarta. Ratusan kamera pengintai ini terhubung dengan Polda DIY, sehigga haarapannya bisa menekan tindak kriminalitas dan kejahatan jalanan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi menyampaikan luas wilayah Kota Yogyakarta hanya 32 kilometer persegi. Namun momen liburan jumlah warganya bisa naik berlipat-lipat. Momen libur Natal dan Tahun Baru nanti diperkirakan Kota Jogja akan kedatangan 4,1 juta wisatawan.

Read More

Baca Juga: Detik-detik Perampokan Warung Makan di Sleman Yogyakarta

“Dengan adanya CCTV yang juga tehubung dengan Polda DIY ini bisa memantau setiap sudut kota, sehingga kalau ada pelanggaran bisa tertangani dengan cepat,” kata Sumadi usai perpanjang nota kesepakatan kerja sama pemanfaatan infrastruktur CCTV antara Pemkot Yogyakarta dengan Polda DIY, Kamis, 22 Desember 2022.

Harapannya dengan adanya infrastruktur CCTV ini bisa membantu Polda DIY dalam mengungkap hal-hal menyangkut tindak pelanggaran, dan semakin meningkatkan keamanan serta ketertiban masyarakat.

Baca Juga: Dua Pelaku Terekam CCTV Mencuri Burung Mahal Milik Anggota TNI di Kulon Progo

“Sinergitas yang sudah berjalan baik ini harapannya bisa ditingkatkan. Ini merupakan kerja sama yang sangat baik untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di DIY pada umumnya, dan kota Jogja pada khususnya, serta dapat memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda DIY Kombes Pol Yugonarko mengatakan, kerja sama ini bermanfaat untuk mendukung Polda DIY dalam melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat di DIY khususnya di Kota Jogja.

“Karena Jogja dalah kota wisata maka banyak orang yang datang. Kemudian CCTV yang dari Pemkot Yogyakarta ini sangat membantu dalam pelaksanaan keamanan dan ketertiban masyarakat dari ancaman kejahatan jalanan,” jelasnya.

Baca Juga: Menyoal CCTV Berkas Perkara Klitih Gedongkuning di Persidangan PN Yogyakarta

Dia mengatakan, ancaman-ancaman kejahatan jalanan dapat terpantau dari CCTV, dan ini merupakan hal yang sangat penting. Terutama saat malam hari, karena terkadang ada kegiatan-kegiatan yang mengganggu pengguna jalan yang lain.

“CCTV yang ada di titik-titik publik ini tentu sangat membantu. Teknologi ini harapannya juga bisa menjadikan program smart city berjalan semakin baik, membantu pelaksanaan tugas kami dan pihak terkait lainnya,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *