Waspada, Berikut Daftar Link Diduga Penipuan Berkedok Promo KAI

  • Whatsapp
ilustrasi penipuan
Ilustrasi Penipuan Berkedok Promo KAI. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Warga diminta waspada dengan penipuan berkedok promo KAI atau PT Kereta Api Indonesia (Persero). Akhir-akhir ini kembali marak terhadap phishing atau upaya untuk mendapatkan informasi seseorang dengan teknik pengelabuan melalui link berkedok promosi dengan identitas KAI seperti logo, nama, dan foto-foto perkeretaapian.

VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers kembali mengingatkan kepada masyarakat agar dengan meningkatkan kewaspadaan. Sejumlah link ramai beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan yang memiliki ciri-ciri alamat situs yang mencurigakan.

Read More

Baca Juga: Motor Digondol Pencuri Bermodus Ritual di Pantai Glagah Kulon Progo

Berdasarkan penelusrusan PT KAI, berikut ini sejumlah situs yang mencurigakan tersebut:
1. mmmjemp.cn
2. bankruptcymelodious.cn
3. qxowtod.cn
4. crueltyspongy.cn
5. ambulancesodium.cn
6. negotiatefoam.cn
7. deceptivebuffalo.cn dan lainnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Bantul Tersangka Penipuan Modus Janjikan Lolos CPNS

Joni Martinus mengatakan, agar masyarakat tidak klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, apalahgi hingga memberikan data ke website tersebut. “Kemudian juga jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

Baca Juga: Modus Penipuan Anak Dirawat di Rumah Sakit, Warga Bantul Tertipu Rp21 Juta

“Diharapkan berhati-hati serta waspada terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *