Komandan SAR DIY Brotoseno Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

  • Whatsapp
Komandan SAR DIY Brotoseno
Kawan Anies Baswedan, Brotoseno saat menjadi pembicara dalam acara Workshop Relawan Anies yang digelar Relawan Anies Alumni Gadjah Mada (Relagama) melalui zoom pada Jumat, 14 April 2023 malam. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Komandan SAR Daerah Istimewa Yogyakarta Brotoseno mengaku menjadi pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Pada Pilpres 2019, Brotoseno merupakan pendukung Prabowo Subianto.

Ndan BS, sapaan akrab Brotoseno menyampaikan pengalamannya ini saat menjadi pembicara Workshop Relawan Anies yang digelar Relawan Anies Alumni Gadjah Mada (Relagama) melalui zoom pada Jumat, 14 April 2023 malam. “Saya mengenal Anies sejak saat masih kuliah, dari dulu sampai sekarang, Anies orang baik,” katanya.

Read More

Dia mengungkapkan, mengenal cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan ini sejak masih kuliah. Meski keduanya kuliah di kampus yang berbeda, namun kerap bertemu dan akrab. Anies Baswedan kuliah di UGM, sedangkan Brotoseno di Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta serta mengambil S2 di UGM Yogyakarta.

Baca Juga: Relawan Anies Baswedan Kota Yogyakarta Berbagi 2.000 Takjil Gratis

Dia tidak menampik banyak yang mencibir dan kerap memfitnah Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini. Hal ini terjadi karena orang tidak mengenal Anies Baswedan yang sebenarnya. “Saya bersaksi bahwa Anies ini orang baik. Dibuli, dihujat, difitnah tetap tersenyum, kalem dan santun,” katanya.

Ndan BS mengaku selama ini tidak banyak yang tahu kalau dirinya merupakan pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Bahkan oleh mantan gurunya di SMA dulu. “Suatu saat guru saya bilang, Mass BS mohon maaf saya mendukung Anies karena orangnya baik, keluarganya juga sangat dermawan,” kata Ndan BS menirukan ucapan mantan gurunya itu.

Baca Juga: Relawan Anies Baswedan Beberkan Fakta Jawa Tengah Bukan Kandang Banteng

Menurut Ndan BS, mantan gurunya ini menganggap BS merupakan pendukung Prabowo Subianto. “Ya, pada Pilpres 2019 lalu saya memang pendukung Prabowo,” ujar Ndan BS.

Ternyata, si mantan guru BS ini keempat anaknya dibiayai oleh keluarga Anies Baswedan. “Ternyata, anak-anaknya dibiayai sekolahnya oleh keluarga mas Anies. Sekarang keempatnya sudah sukses dan di luar negeri semua,” kata Ndan BS.

Ajak Relawan Meneladani Perilaku Anies Baswedan

Brotoseno mengungkapkan, apa yang dilakukan keluarga Anies Baswedan ini tanpa pamrih, tanpa pengharapan atau balas budi. Sama seperti Anies Baswedan dalam kesehariannya selama ini. “Mas Anies mengemban jabatan sebagai amanah, tidak memperkaya diri sendiri. Orang yang semacama ini patut kita dukung,” tegasnya.

Baca Juga: Pilpres 2019 Jokowi Unggul di DIY, Relawan Bertekad Menangkan Anies Baswedan pada 2024

Untuk itu, Ndan BS berpesan kepada relawan untuk meneladani sikap dan perilaku Anies Baswedan dalam keseharian saat berinteraksi di tengaah-tengah masyarakat. “Kalau jadi relawan contohlah perilaku Anies, santunnya luar biasa. Kalau kecerdasannya, mungkin relawan nggak bisa ya, karena dia intelektual banget,” celotehnya.

“Minimal teladani perilakunya. Setidaknya berbuatlah baik minimal kepada satu orang dalam satu hari,” imbuh Ndan BS.

Baca Juga: Empat Nama Calon Wakil Presiden Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ketika seseorang berbaik baik, maka orang di sekitarnya akan bersimpati dan segan. BS menganalogikan anggota kerelawanan di SAR DIY. Syarat menjadi relawan SAR DIY sederhana, dikenal baik dan tidak punya musuh di lingkungan tempatnya berada.

Dia mengatakan, SAR DIY anggotanya 4.000-an, semua bekerja tanpa bayaran. Saat ada kebencanaan, kerap menjadi panutan. “Misalnya, saat ada bencana, relawan SAR bilang ayo ke selatan, warga ikut karena yang mengajak orang baik. Bayangkan jika yang mengajak orang tidak baik, mengajak ke selatan, warga malah ke utara. Itu analaoginya,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *