Pilpres 2019 Jokowi Unggul di DIY, Relawan Bertekad Menangkan Anies Baswedan pada 2024

  • Whatsapp
Anies Laode Basir
Relawan ANIES saat memberikan keterangan pers target Anies Baswedan pada Pilpres 2024 di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Pilpres 2019 pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin menang 62 persen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Pilpres 2024, relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) bertekad memenangkan Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan.

Koordinator Presidium ANIES DIY Dani Eko Wiyono mengatakan, tekad tersebut dianggap realistis karena beberapa pertimbangan. Anies Baswedan saat ini menjadi satu-satunya bakal calon presiden yang sudah resmi diusung gabungan partai yang sudah memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

Read More

Baca Juga: Partai Ummat DIY Syukuran Undang 15 Simpul Relawan Anies Baswedan

Bahkan, sebelum dideklarasikan, jumlah simpul relawan Anies Baswedan sudah bermunculan termasuk di Yogyakarta. Saat ini jumlah simpul relawan di DIY tercatat ada 20 simpul, salah satunya ANIES. DPW ANIES DIY dideklarasikan November 2022 dan kini tingkat kabupaten atau DPD se-DIY deklarasi serentak pada 18 Maret 2023. “Target kami Anies Baswedan menang 62 persen di DIY,” katanya, Sabtu, 18 Maret 2023.

Wakil Ketua TKD DIY Jokowi – Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 ini mengatakan, target Anies Baswedan 62 persen itu sama seperti perolehan suara Jokowi- Ma’ruf Amin di DIY pada Pilpres 2019 lalu. “Kami berusaha semaksimal mungkin antara relawan bisa berkolaborasi dnegan partai NasDem, PKS, Demokrat dan Partai Ummat. Jika relawan dan mesin partai bekerja sama target 62 persen untuk Anies Baswedan bisa terwujud,” jelasnya.

Baca Juga: Forum Kabah Membangun Deklarasi Dukung Anies Baswedan, Usul Cawapres TNI

Mayotitas pemilih Anies Baswedan dari kalangan terpelajar. Di Yogyakarta, jumlah pemilih dari kalangan mahasiswa di Yogyakarta cukup besar. Selain itu, warga DIY sudah familiar dengan Anies Baswedan karena memang tumbuh dan berkemabng di Yogyakarta.

Dia menyatakan, cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan ini tumbuh dan berkembang dari TK hingga kuliah di Yogyakarta. TK di Masjid Syuhada Kotabaru, SDN 2 Percobaan Sleman, SMPN 5 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta dan S1 di UGM Yogyakarta. “Tinggal kami beri edukasi politik bisa mengena. Kami tidak membohongi tapi memberi edukasi politik, dan kami optimistis Mas Anies bisa menang di DIY,” tegasnya.

Baca Juga: Dani Eko Wiyono, Dulu Timses Jokowi Kini Ketua Relawan ANIES Yogyakarta

Di tempat yang sama, Koordinator DPP ANIES Laode Basir, banyak pendukung 02 atau Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 lalu menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Hal itu menjadi modal pada coblosan yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. “Tapi itu belum cukup, butuh kerja keras. Kenapa perlu keras, karena banyak tantangan,” katanya.

Dia menyoroti tantangan pemenangan Anies Baswedan pada simpul relawan atau simpatisan. Warga termasuk simpatisan, jari jemarinya masih sering gatel bermain medsos bernada nyinyir atau menjelekkan calon atau kubu lain. “Kalau ingin Anies Baswedan kalah, caranya menjelelekkan calon lain sepeti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto atau yang lainnya. Nah, kalau ingin menang, jangan lakukan itu. Jangan menjelekkan siapa pun,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *