Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser di Nglanggeran Gunungkidul

  • Whatsapp
Konser Yogyakarta Royal Orchestra
Ilustrasi Konser Yogyakarta Royal Orchestra. (Foto: Dok. Keraton Yogyakarta)

BacaJogja – Setiap tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Musik Dunia 2023. Untuk merayakannya, Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar Konser Tahunan Yogyakarta Royal Orchestra bertajuk Raré Rumpaka.

Konser ini sekaligus merayakan ulang tahun kedua Yogyakarta Royal Orchestra. Event ini di Panggung Terbuka Nglanggeran, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 24 Juni 2023 pukul 19.30 WIB.

Read More

Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro mengatakan, konser mengambil tajuk Raré Rumpaka yang artinya kira-kira adalah lagu anak-anak. Raré adalah bahasa Jawa kuno dari kata Laré yang artinya anak, kemudian Rumpaka artinya kidungan atau tembang. “Jadi dalam konser ini, repertoar yang akan kami usung adalah tembang dolanan atau lagu anak-anak,” jelasnya dalam siaran pers seperti dikutip dari laman Kraton Jogja.

BacaJuga: Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Serangan Umum 1 Maret di Keraton Jogja

Dia mengatakan, pemilihan tema kali ini juga didasari pada waktu pementasan yang sudah menjelang bulan Juli, di mana bulan Juli ini erat kaitannya dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. “Konser ini harapannya jadi pembuka serangkaian kegiatan ramah anak di keraton pada bulan Juli esok,” paparnya.

Pada Konser Raré Rumpaka ini, Yogyakarta Royal Orchestra dalam menghadirkan lagu-lagu atau tembang dolanan anak, juga akan berkolaborasi dengan beragam kesenian yang ada di Kalurahan Nglanggeran seperti Paduan Suara Anak Purba Laras Manunggal dan Gejog Lesung Mugyo Laras.

BacaJuga: Jangan Lupa, Nanti Malam Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra

Selain itu, Kelompok vokal ICIPILI MITIRIMIN Omah Cangkem pun akan meramaikan konser yang digelar di akhir Juni esok. Tak hanya itu, Yogyakarta Royal Orchestra akan menghadirkan pula trio violin, cello, dan flute oleh Bonfilio Shyallom Rezandy Bangun, Gian Nugra Adanta, dan Bintang Arya Kusuma.

Repertoar yang akan dibawakan oleh trio ini pada Konser Rare? Rumpaka esok bahkan telah dapat diintip pada video klip lagu Padhang Bulan yang telah dirilis Minggu, 11 Juni 2023 lalu di kanal YouTube Kraton Jogja.

Pimpinan produksi ML. Widyotantomardowo mengatakan, dalam video klip yang sudah dirilis, dapat disaksikan petualangan tiga orang anak yang menemukan harta karun yang kemudian menuntun jalan hidup mereka bertiga menuju masa depan.

Alasan Pemilihan Lokasi dan Harga Tiket

“Dalam mewujudkan mimpinya, ketiganya harus terpisah ketika dewasa, namun lagu Padhang Bulan menghadirkan kembali memori masa kecil mereka dan membawa mereka kembali ke tempat di mana mimpi mereka berasal yaitu desa tempat tinggal mereka,” jelasnya.

Adapun pemilihan lokasi untuk pembuatan video klip lagu Padhang Bulan tentunya disesuaikan dengan lokasi Raré Rumpaka – Konser Yogyakarta Royal Orchestra yang digelar di area Panggung Terbuka Nglanggeran.

BacaJuga: Harapan Sri Sultan HB X setelah Keraton Yogyakarta Meluncurkan Jogja Royal Orchestra

Konser akan digelar secara terbuka dan dapat dihadiri masyarakat umum dengan membeli 2 jenis tiket yaitu pre-sale dan reguler. Tiket pre-sale hanya dijual pada tanggal 9-14 Juni 2023, sementara tiket reguler mulai dijual pada 15 Juni 2023 hingga kuota habis. Masyarakat bisa mendapatkan tiket pre-sale seharga Rp57.000,00 dengan melakukan pembelian di situs web kratonjogja.id.

“Beruntung sekali bentang alam di area Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Pathuk, Kabupaten Gunungkidul ini sangat indah dan pas sekali untuk menggambarkan garis cerita yang berusaha kami hadirkan dalam video klip Padhang Bulan,” kata ML. Widyotantomardowo. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *