Badan Koordinasi Saksi Anies Baswedan Target Raih 36 Juta Suara di Pilpres 2024

  • Whatsapp
pengukuhan bakorsi Anies Baswedan DIY
pengukuhan Bakorsi Provinsi DIY pada Sabtu 28 Juli 2023. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Forum Komunikasi (Forkom) Jaringan Relawan Anies Baswedan membentuk program Tim 100 Badan Pemenangan Saksi (Bakorsi) dari tingkat pusat hingga level desa atau kelurahan. Bakorsi ini menargetkan bisa merekrut 9 juta orang relawan di seluruh Indonesia.

Setiap satu orang targetnya bisa menarik atau merektut empat orang. Sehingga secara nasional bisa menyumbang 36 juta suara untuk Anies Baswedan.

Read More

Ketua Dewan Pembina Bakorsi DIY Fahmi Rosyadi mengatakan, Bakorsi Provinsi DIY pada Sabtu 28 Juli 2023 sudah dikukuhkan. Selanjutnya menyusul provinsi lain.

Baca Juga: Anies Baswedan Mengenang Masa Remaja di SMPN 5 Yogyakarta

Dia mengatakan, konsep Bakorsi setiap level dari pusat hingga desa minimal diisi 100 orang. Bakorsi Pusat 100 orang, Bakorsi provinsi 100 orang, bakorsi kabupaten/kota, kecamatan hingga desa juga masing-masing minimal 100 orang. “Totalnya nanti ada 9 juta relawan Bakorsi di seluruh indonesia,” katanya.

Anggota Bakorsi Nasional ini mengungkapkan, dari 9 juta relawan di Bakorsi ini, ditargetkan bisa menarik minimal empat orang sebagai pemilih Anies Baswedan. “Jadi jika dikalkulasi Bakorsi bisa menyumbang dihitung 36 juta suara. Angka yang cukup siginifikan untuk Anies Baswedan. sisanya untuk memenangkan Pilpres bisa dipenuhi dari partai-partai pengusung dan pendukung,” jelasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: KPP Fokus Perubahan Kehidupan Rumah Tangga dan Pemberantasan Korupsi

Teman akrab Anies Baswedan semasa kuliah di Yogyakarta ini mengungkapkan, pembentukan beserta konsep Bakorsi sudah disetujui oleh Bakal Calon Presiden Koalisi. “Mas Anies sudah oke dengan Bakorsi ini, Mas Anies sangat antusias sekali. Semoga adanya Bakorsi ini, KPU punya tandem sehingga pemilu bisa berjalan adil dan jujur,” ungkapnya.

Di sisi lain, Alumni Fakultas Pertanian ini meminta kepada relawan yang sudah dilantik menjadi bagian dari Bakorsi ini terus melakukan kerja-kerja kerelawanan. Setelah dilantik harus terus bekerja dengan ikhlas dan dedikasi tinggi untuk perubahan.

“Kami berharap karena Bakorsi menjadi ujung tombak kemenangan, temana-teman ini tidak hanya sebagai pasukan hore-hore saja, tetapi bisa serius untuk bekerja menerapkan pembentukan Bakorsi hingga tingkat desa sehingga bisa memenuhi 9 juta relawan secara nasional,” jelasnya.

Baca Juga: Partai Ummat DIY Resmikan Rumat, Target Lolos Parlemen dan Anies Baswedan Presiden

Sementara itu, Admin Forkom Jaringan Relawan Anies Baswedan sekaligus anggota Bakorsi Nasional Miftachun Ni’am mengatakan, target Bakorsi di Provinsi DIY hingga tingkat TPS sebanyak 171.520 relawan.

Rinciannya provinsi 100 orang, lima kabupaten/kota di DIY 500 orang, 100 orang di setiap 78 kecamatan di DIY yaitu sebanyak 7.800 orang tim Bakorsi Kecamatan. Kemudian 100 orang di setiap 438 desa/kelurahan di DIY yaitu sebanyak 43.800 orang tim Bakorsi Desa/kelurahan. “Karena wilayah Provinsi Yogyakarta ini relatif kecil, program Bakorsi dilanjutkan hingga paling bawah yakni level TPS,” katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan data KPU, jumlah TPS di Provinsi Yogyakarta pada pemilu 2024 sebanyak 11.932 TPS. Jika di setiap level TPS bisa dibentuk 10 orang saja tim Bakorsi, maka akan terdapat 119.320 orang tim Bakorsi tingkat TPS. “Bila target program Bakorsi di Yogyakarta terpenuhi maka total akan terdapat 171.520 orang tim Bakorsi,” ungkapnya.

Baca Juga: Alasan Buruh Yogyakarta Alihkan Dukungan dari Capres Lingkaran Jokowi ke Anies Baswedan

“Jika setiap anggota tim Bakorsi mewajibkan anggota keluarganya, taruhlah tiap keluarga ada empat orang, maka akan ada 686.080 orang memilih Anies Baswedan,” imbuhnya.

Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berdasarkan data KPU DIY sebanyak 2.870.974 pemilih. “Bakorsi target bisa menyumbang 686.080 suara. Itu belum termasuk suara dari partai pengusung dan pendukung,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *