Studsy Band ISI Yogyakarta Borong Lima Gelar Juara Piala Raja Hamengku Buwono X

  • Whatsapp
Studsy Band ISI Yogyakarta
Studsy Band ISI Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) Studsy Band Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tampil memukau di ajang Piala Raja Hamengku Buwono X 2023 yang digelar di Gor Among Raga, Yogyakarta pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Tim yang berasal dari salah satu perguruan tinggi seni terbaik di Indonesia ini berhasil memperoleh nilai tertinggi untuk cabang lomba Symphonic Band dengan kategori, Concert Band, Musicality, Music Performance, Overall Effect, dan Conductor Concert Band.

Read More

Baca Juga: Catat! Ada Konser Musik, Fun Bike, Parade Budaya di Adira Festival Yogyakarta 2023

Ajang Piala Raja Hamengku Buwono (HB Cup) awalnya merupakan kejuaraan marching band yang digelar dengan 3 kategori juara yaitu drum line battle, display, dan parade. Namun pada tahun 2023 ini, HB Cup mengusung konsep baru dengan menggelar cabang lomba Symphonic Band.

Symphonic Band sendiri hampir mirip dengan marchind band, namun dimainkan tanpa pola lantai, artinya para pemainnya memainkan alat musik sembari duduk. Marching band pada umumnya hanya menggunakan alat musik tiup logam dan drum line, sedangkan symphonic band menggunakan instrumen tiup logam, tiup kayu, dan perkusi.

Baca Juga: Event Paralayang hingga Konser Musik di Sriten Festival 2023

Sebagai kejuaraan baru, peserta yang mengikuti lomba symphonic band belum begitu banyak seperti peserta marching band, yaitu dengan total 4 peserta, dan Studsy Band sebagai peserta undangan. Pada perlombaan tersebut, Studsy Band ISI Yogyakarta meraih nilai tertinggi yakni 82 poin.

Poin tersebut terpaut cukup jauh jika disandingkan dengan poin yang diperoleh oleh tim peringkat kedua, yakni Gita Muda Wiratama dengan 75 poin. Sedangkan di peringkat ketiga ditempati oleh Mb Gita Nadaqu dengan perolehan nilai 72 poin, dan posisi keempat ditempati oleh Mb Gema Nadaqu dengan nilai 70 poin.

Baca Juga: Gandok Festival 2023, Dorong Perempuan di Sleman Lebih Produktif

“Kami sangat terkejut sekaligus senang ketika mendapat undangan dari panitia HB Cup 2023 untuk mengikuti ajang Piala Raja Hamengku Buwono X karena ini pertama kalinya di Indonesia diadakan perlombaan untuk format Symphonic Band, dan rasa senang kami berlipat ganda ketika berhasil membawa pulang 5 gelar juara sekaligus. Kami berharap kedepannya Symphonic Band dapat semakin dikenal masyarakat dan semakin banyak peserta yang terlibat dalam ajang ini,” tutur Ketua Studsy Band ISI Yogyakarta pada Minggu, 22 Oktober 2023. []

Artikel dikirim oleh Hedwigis Nada, Mahasiswa Prodi Musikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *