Bayu Madhuswara Wind Orchestra, Pelopor Orkes Tiup Independen Yogyakarta

  • Whatsapp
Bayu Madhuswara Wind Orchestra
Bayu Madhuswara Wind Orchestra (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Bayu Madhuswara Wind Orchestra merupakan sanggar seni atau kelompok orkestra tiup independen tanpa ikatan dari instansi manapun, yang berfokus pada bidang musik terutama instrumen tiup.

Sanggar seni atau kelompok orkestra tiup ini terbentuk pada 4 April 2020. Sanggar ini dibentuk oleh Muhammad Brahmantio Hanif Al Hakim dan Al Birru Kautsar Poso.

Read More

Baca Juga: Dosen Prihatin Musisi Konser Orkestra di ISI Yogyakarta Sedikit

Mereka berinisiatif membuat sanggar ini karena mereka ingin mengajak dan mengenalkan instrumen tiup kepada masyarakat sekitar yang ingin belajar instrumen tiup. Selain itu, mereka juga ingin membantu teman-teman tiup yang terdampak corona supaya mereka tetap bisa menyalurkan bakat mereka.

Tidak hanya sampai disitu saja, Bayu Madhuswara juga mengajak teman-teman yang lain untuk belajar tentang aransemen musik dan juga produksi-produksi tentang audio.

Arti dari Bayu Madhuswara ini diambil dari bahasa jawa kuno. Bayu yang berarti angin, Madhu yang berarti merdu, dan Swara yang berarti suara. Jika diartikan secara harafiah, arti dari Bayu Madhuswara adalah angin berhembus membawa suara yang merdu.

Baca Juga: Mataram Culture Fest 2023, Hadirkan Bursa Keris hingga Konser Ngatmombilung

Untuk sekarang Bayu Madhuswara Wind Orchestra sendiri sudah beranggotakan sekitar 56 orang, untuk tempat atau basecamp dari sanggar ini berada di Baciro, Yogyakarta.

Bayu Madhuswara sudah banyak mengadakan kegiatan-kegiatan. Seperti pada tahun 2020, mereka mengcover lagu Avengers secara online. Lalu di tahun 2021 mereka jyga mengcover lagu Jurassic Park dengan format ansamble brass secara online.

Pada awal tahun 2022, disaat pandemi corona sudah mulai reda, mereka mengcover lagu Medallion Calls dengan format ansambel brass secara offline. Dilanjut pada bulan Agustus 2022, Bayu Madhuswara mengadakan show off pertama di basecamp mereka.

Baca Juga: Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Serangan Umum 1 Maret di Keraton Jogja

Di tahun yang sama, Bayu Madhuswara melakukan rekaman untuk cover lagu dangdut yaitu lagu Kartonyono dan Mendung Tanpo Udan. Pada bulan November 2022, Bayu Madhuswara mengadakan konser yang bertempat di Kelurahan Baciro, dan selang dua minggu kemudian mengadakan konser di gedung serba guna ISI Yogyakarta. Lalu pada 19 Desember 2022, Bayu Madhuswara mengisi acara Dialog Keistimewaan yang bertempat di Museum Sonobudoyo.

Di tahun 2023, Bayu Madhuswara memberanikan diri mengadakan mini konser sebagai perayaan ulang tahun pertama dari sanggar ini pada tanggal 13 Juli 2023. Bayu Maduswara juga melakukan kolaborasi dengan sanggar Rumah Orchestra Jogja di Asha Akasa tanggal 28 Juli 2023 dengan membawakan karya ost berbagai film.

Baca Juga: Suasana Konser SMM Yogyakarta, Sekolah Musik Tertua di Indonesia

Tanggal 31 Agustus 2023, Bayu Madhuswara juga mengadakan konser di Kulonprogo, dan selang 2 hari yaitu pada tanggal 2 September 2023 mengadakan konser di lapangan SMA 3 Yogyakarta.

Kemudian, yang tak kalah menarik, pada tanggal 4-5 November 2023, Bayu Madhuswara ikut meramaikan acara bersama Oricon String Orchestra dan Za Steiro X dalam acara Oricon Open House (OHU) 2023. Walaupun Bayu Madhuswara adalah sanggar independen, namanya
cukup harum di masyarakat. []

Related posts