Suasana Konser SMM Yogyakarta, Sekolah Musik Tertua di Indonesia

  • Whatsapp
konser musik SMM Yogyakarta
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih tampil dalam konser SMM Yogyakarta atau SMKN 2 Kasihan. (Foto": Pemkab Bantul)

BacaJogja – Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta yang kini dikenal SMKN 2 Kasihan Bantul, merupakan sekolah musik tertua di Indonesia. Tahun ini menapaki usia barunya yang ke 71 tahun.

Popuritasnya tidak diragukan. Dari sekolah ini banyak lahir musisi besar Indonesia dengan berbagai torehan karya.

Read More

Lekat dengan julukannya sebagai sekolah musik, momen peringatan hari ulang tahun ke 71 SMM Yogyakarta dimeriahkan dengan gelaran konser bertajuk “When Time Bring its Back”. Anniversary concert ini dilaksanakan di Concert Hall Taman Budaya, Yogyakarta, pada Selasa, 24 Januari 2023 malam.

Baca Juga: Event Akhir Pekan Jogja: Konser Slank, KLa Project, Wanya Morris Boyz II Men

Hadir dalam konser Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih sebagai bintang tamu. bupati turut tampil dengan membawakan lagu ‘When You Tell Me That You Love Me’. Orang nomor satu di Bumi Projotamansari ini berduet dengan Callista siswa sekolah tersebut. Aksi panggungnya diiringi oleh orkestra guru dan alumni, paduan suara guru dan siswa kelas X SMKN 2 Kasihan Bantul.

Ada 12 repertoar pada perayaan malam konser yang bertajuk ‘When Time Brings it Back’ ini. Selain siswa dan guru, alumni, hadir pula Kepala Dinas Dikpora DIY Dr Didik Wardaya MPd serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bantul, Dinas Pendidikan Bantul, serta undangan lain.

Baca Juga: Cantabile Chorale Yogyakarta Sukses Gelar Konser Serenade Bertajuk Albus Tulipa

Menurut Kepala SMKN 2 Kasihan Batul Agus Suranto, sekolah yang kini berusia 71 tahun ini berdiri 1 Januari 1952. SMKN 2 Kasihan Bantul dengan satu kompetensi musik klasik.

Dia mengatakan, mempelajari musik klasik bukan berarti harus kebarat-baratan. Mempelajari musik klasik tidak beda dengan mempelajari ilmu lain. Belajar musik klasik di SMKN 2 Kasihan Bantul sebagai pondasi.

Baca Juga: F-Hole String Orchestra ISI Yogyakarta Konser Lagu Anak dan Daerah

Agus mengatakan, pada konser ini sebagai penegasan musik klasik, SMKN 2 Kasihan tetap merawatnya selama 71 tahun. Alumni telah berkembang dengan satu tujuan membangun negeri ini dengan musik. Karena musik langsung menembus ke perasaan.

Bupati Halim mengatakan, SMKN 2 Kasihan menjadi kebanggaan warga Bantul karena ada sekolah musik terbaik di tingkat nasional. “Semoga dari sekolah ini bisa terus bergerak menciptakan musik baik di tingkat nasional maupun internasional. Kami terus mendorong untuk terus belajar terus berkarya,” ungkapnya. []

Related posts