SMA Muhi Yogyakarta Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadan 1445

  • Whatsapp
mubaligh sam muhi
SMA Muhi Yogyakarta Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadan 1445. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMA Muhi Yogya) tahun ini kembali melaksanakan program unggulan berupa Mubaligh Hijrah yang merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diprogramkan oleh SMA Muhi Yogya. Sebanyak 109 peserta didik tersebut telah melewati seleksi dan dinyatakan lulus tes internal Mubaligh Hijrah.

Adapun materi seleksinya meliputi wawancara, membaca Al-Qur’an, wudhu, dan tayamum. 109 peserta didik tersebut penempatannya terbagi atas 60 di Girimulyo Kulon Progo dan 49 di PCM Tegalrejo Yogyakarta (masjid sekitar sekolah).

Read More

Mubaligh Hijrah ini terlaksana berkat kerjasama yang harmonis dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo dan telah diterjunkan pada Minggu, 9 Maret 2024. “Ada 60 peserta didik yang mengikuti mubaligh hijrah di Girimulyo Kulon Progo dan 49 peserta didik yang mengikuti mubaligh hijrah di sekitar sekolah. Sehari sebelum puasa hari pertama Ramadhan 1445 Hijriyah,” ungkap Kepala Sekolah SMA Muhi Yogya Drs. H. Herynugroho, M.Pd. Para peserta Mubaligh Hijrah berkumpul di sekolah pada Minggu, 9 Maret 2024.

Baca Juga: Daftar Menu Buka Puasa Selama Ramadan di Masjid Syuhada Yogyakarta

Setelah melalui proses persiapan, pukul 08.00 WIB para peserta menuju Kulon Progo DIY dengan menggunakan armada bus. Setelah melalui perjalanan selama 2 jam, rombongan sampai di Kantor PCM Girimulyo, Kulon Progo dengan disambut hangat oleh pimpinan PCM Girimulyo. Setelah ishoma, kegiatan seremonial penyambutan dimulai.

Kepala SMA Muhi Drs H Herynugroho, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PCM Girimulyo yang telah berkenan menerima rombongan Mubaligh Hijrah SMA Muhi tahun 2024. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Muhi Yogya yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramadhan.

Baca Juga: Ramadan di Kebun Dakwah Yogyakarta, Ada Ragam Kuliner, Edukasi hingga Aneka Lomba Anak

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, melatih siswa untuk menjadi kader persyarikatan Muhammadiyah yang unggul dan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat sebagai salah satu bekal ketrampilan di abad 21. “Ada 6 kecakapan abad ke-21 yang disebut dengan istilah 6C,yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi),” katanya.

“Semoga kegiatan MH 1445 H ini bisa berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta didik,” pungkasnya. H Sukijan selaku ketua PCM Girimulyo mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari SMA Muhi Yogya. Dia berharap agar peserta MH agar segera menyesuaikan diri dan dapat lancar dalam menjalankan program kerjanya.

Baca Juga: Daftar Menu Buka Puasa Selama Ramadan 2024 di Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Dalam proses bersosialisasi di masyarakat, harapannya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi generasi muda Muhammadiyah di Girimulyo, Kulon Progo untuk peduli terhadap pendidikan. “Harapan kami rombongan SMA Muhi bisa memberikan motivasi kepada anak-anak di daerah ini untuk sadar akan pentingnya pendidikan dan dapat menempuh pendidikan yang tinggi” pungkasnya. Setelah acara seremonial berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama.

Selanjutnya peserta MH dan guru pembimbing kemudian menuju ke lokasi pemondokan sesuai penempatan yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan MH ini akan berlangsung sampai 20 Maret 2024. []

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *