SPBU di Kulon Progo Dijerat UU Perlindungan Konsumen jika Curang saat Arus Lebaran 2024

  • Whatsapp
pengecekan spbu
Polres Kulon Progo melakukan pengecekan SPBU jelang arus mudik Lebaran 2024. (Foto: Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Polres Kulon Progo bakal menindak tegas kepada SPBU yang terbukti curang kepada konsumen saat arus muduk dan balik Lebaran 2024. Polres sudah melaksanakan pengecekan SPBU untuk menjamin tidak ada SPBU yang nakal.

Kanit 2 Satreskrim Polres Kulon Progo Iptu Lukas Agus Merdeka Siburian mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, pihaknya telah melaksanakan pengecekan dan iimbauan kepada SPBU di Kulon Progo agar tidak melakukan kecurangan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Read More

Baca Juga: Jembatan Kretek 2 Bantul untuk Kelancaran Arus Mudik Hari Ini Dibuka

Dia menjelaskan pengecekan dan imbauan kepada pengusaha SPBU sudah rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang Lebaran. “Polres Kulon Progo ingin memastikan semua SPBU di Kulon Progo melayani masyarakat dengan baik, tidak ada kecurangan dalam pelayanan konsumen dan keterbukaan ketersediaan pasokan BBM,” katanya dalam siaran pers, Kamis, 28 Maret 2024.

Menurut dia, pengecekan terhadap SPBU jangan sampai ada kecurangan, baik pengurangan jumlah literan dan pencampuran dengan air. “Kami juga mengimbau agar SPBU memberikan pelayanan dengan baik menjelang arus mudik Lebaran 1445 H,” ungkapnya.

Baca Juga: Imbauan Puan Maharani kepada Pemerintah dan Warga Saat Arus Mudik

“Kami akan menindak tegas bila menemukan kecurangan akan kami terapkan Undang-undang Perlindungan Konsumen,” tegas Iptu Lukas.

Selain Personel Satreskrim Polres Kulon Progo, jajaran Polsek Jajaran juga mengintensifkan patroli dialogis ke SPBU di Wilayah Wates dan sekitarnya. Petugas melakukan berdialog dengan petugas SPBU dan melaksanakan pengecekan segel mesin pompa untuk mengantisipasi kecurangan yang disebabkan oknum petugas SPBU.

Baca Juga: Info Mudik Gratis 2024; dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Lampung

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati saat dikonfirmasi menyampaikan kegiatan patroli dialogis dan sambang SPBU ini merupakan kegiatan rutin Patroli Polres Kulonprogo. “Semua SPBU yang ada di wilayah Kulon Progo ini masuk dalam beat patroli kami,” katanya.

Pihkanya meningkatkan patrloi dialogis mengingat menjelang mudik dan libur Lebaran mobilitas masyarakat meningkat. “Kami mohon kerja sama seluruh masyarakat apabila menemukan kecuranganan dalam pelayanan SPBU mohon kerja samanya untuk laporkan kami atau bisa hubungi call center 110, pasti akan kami tindak lanjuti,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *