Debut FKG UGM Langsung Peringkat 50 Besar Dunia versi The WURI Ranking 2024

  • Whatsapp
FKG UGM
FKG UGM Langsung Peringkat 50 Besar Dunia versi The WURI Ranking 2024 (Istimewa)

BacaJogja – Lembaga pemeringkat Universitas Dunia untuk Inovasi atau the World’s Universities with Real Impact (WURI), menempatkan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) Yogyakarta masuk peringkat 50 besar dunia. Hal tersebut berdasarkan rilis hasil pemeringkatan yang dikeluarkan pada Jumat, 7 Juni 2024.

Dekan FKG UGM, Prof. drg. Suryono, S.H., M.M.,Ph.D., mengaku senang atas hasil pemeringkatan Global 100 Innovative Universities the WURI Ranking 2024. “Kami bersyukur atas debutan FKG UGM bisa menembus posisi 50 besar dunia dalam hal inovasi yang berdampak bagi masyarakat,” katanya, Minggu, 9 Juni 2024.

Read More

Dia mengatakan, hasil pemeringkatan ini menunjukkan bahwa kita punya kekuatan dalam hal inovasi yang bisa diakui dari eksternal tentu sesuatu yang luar biasa bisa masuk dalam deretan 100 top dunia.

Baca Juga: Sarmidi, Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta Ingin Rehab Rumah Sehat 5.000 Unit per Tahun

Menurut dia, masuknya UGM dan khususnya Fakultas Kedokteran Gigi dalam daftar 100 universitas dunia ini tidak lepas atas dampak dari inovasi di bidang pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang hampir tidak dimiliki oleh perguruan tinggi besar di luar negeri.

“Kebanyakan hanya mengandalkan pendidikan dan penelitian dan mereka kuat dalam bidang itu, dari situlah kita berpikir berkompetisi dalam area yang berhubungan dengan pengabdian bidang kewirausahaan, etika, keterbukaan, dan tanggungjawab sosial,” ujar Dekan.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, mengatakan keberhasilan FKG UGM masuk dalam daftar 100 universitas top dunia patut diapresiasi. The WURI menilai keunggulan dari sisi dampak nyata dari inovasi universitas di luar metrik akademik konvensional.

Baca Juga: Cara Perpanjangan SIM Online dan di Kantor Polisi, termasuk Syarat dan Biaya Juni 2024

“Debut impresif Fakultas ini menandakan bahwa pendidikan kedokteran gigi di Indonesia, khususnya di UGM, telah mencapai standar kelas dunia dalam hal inovasi, tanggung jawab sosial, dan keterbukaan global,” ujar Wening.

Debut yang luar biasa ini menurut Wening telah menempatkan Fakultas Kedokteran Gigi UGM di peta global sebagai universitas yang inovatif. “Seiring dengan perjalanan keunggulannya, Fakultas ini menetapkan tolok ukur baru untuk pendidikan dan penelitian kedokteran gigi di Indonesia dan sekitarnya,” terang Wening.

Pemeringkatan The WURI Ranking 2024 dari Berbagai Kategori

Pada hasil pemeringkatan berdasarkan penilaian terhadap kontribusi nyata institusi pendidikan tinggi terhadap industri dan masyarakat, menyoroti pendidikan inovatif, penelitian dan keterlibatan terhadap masyarakat ini, di berbagai kategori, peringkat FKG UGM melampaui beberapa universitas bergengsi di seluruh dunia.

Baca Juga: Jadwal Bus Keliling dan SIM Corner Ditlantas Polda DIY Juni 2024

Di kategori pengembangan Semangat Kewirausahaan, FKG UGM berada pada posisi 6 dunia, mengungguli bidang ilmu kedokteran gigi Harvard University yang berada di peringkat 12 dan University of Oxford di peringkat 13 di antara 100 universitas global dalam kategori semangat kewirausahaan.

“Prestasi ini menegaskan keberhasilan Fakultas dalam mempersiapkan lulusannya menjadi profesional yang inovatif dan berorientasi pada solusi. Inovasi yang dilakukan adalah pendampingan yang terus ditekuni hingga mahasiswa lulus dan usaha tersebut berkembang menjadi salah satu UMKM yang menyediakan merchandise kedokteran gigi,” tuturnya.

Selanjutnya pada indikator tanggung jawab sosial, posisi FKG UGM berada di peringkat 9 besar dunia melampaui New York University yang berada di peringkat 12. Peringkat ini menyoroti peran signifikan Fakultas dalam masyarakat melalui pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi.

Baca Juga: Jadwal Layanan SIM Bantul, Syarat dan Biayanya Selama Juni 2024

Dekan FKG UGM Suryono mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan FKG yang rutin dilakukan yakni memberikan perawatan paripurna bagi penderita bibir sumbing. Bekerja sama dengan beberapa mitra yakni alumni, ikatan profesi PDGI, BAZNAS, Rumah Sakit dan Yayasan Senyum Nusantara.

Diakui Suryono, kegiatan operasi bibir sumbing dan perawatan secara paripurna diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup bagi penyandangnya dan memberi harapan bagi pasien tersebut untuk bisa menjadi generasi unggul bangsa Indonesia. “Pelayanan ini bisa berjalan secara periodik karena ada kerjasama yang baik dengan para mitra,” katanya.

Selain itu, FKG UGM juga memiliki program pengabdian lainnya berupa edukasi kesehatan gigi. “Kita juga secara konsisten membantu program pemerintah, peningkatan status kesehatan gigi masyarakat Indonesia yang masih di bawah standar internasional,” terangnya.

Baca Juga: Jadwal KA Prameks dari Stasiun Tugu Jogja, Wates, Jenar, dan Kutoarjo

Sedangkan pada indikator mobilitas dan keterbukaan mahasiswa, FKG UGM berada di peringkat 27 dunia mengungguli Tokyo International University yang berada di peringkat 38 dunia. Keberhasilan Fakultas dalam membangun jaringan internasional dan memberikan pengalaman global bagi mahasiswanya sangat berperan mendorong kenaikan peringkat dunia tersebut.

Suryono menjelaskan bahwa Program Kursus Musim Panas Fakultas Kedokteran Gigi UGM melibatkan 10 co-organizer, sister school FKG UGM di luar negeri dengan konsep sharing beban dan sharing capaian.“Melalui program ini mahasiswa masih dan terus berkomunikasi dengan sesama mahasiswa luar negeri. Saya bayangkan 10-15 tahun lagi, mereka sama-sama menjadi orang penting di dunia kedokteran gigi di negaranya masing-masing,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *