Penyebab Dua Rumah Ludes Terbakar di Kulon Progo Yogyakarta

  • Whatsapp
kebakaran kulon progo
Warga bergotong royong memadamkan api yanng membakar dua rumah di Kokap, Kulon Progo. (Foto: Istimewa)

Kulon Progo – Kebakaran hebat terjadi di Dukuh Sungapan, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu, 13 Juni 2021 malam. Dua bangunan rumah dan dapur milik Mijan, 65 tahun, ludes terbakar.

Kasubbag Humas Polres Kulon Progo Inspektur Satu I Nengah Jeffry membenarkan adanya kebakaran yang melanda dua rumah di Kokap. “Diduga api berasal dari tungku tempat korban memasak nira untuk dibuat menjadi gula kelapa,” katanya saat dikonfirmasi, Senin, 14 Juni 2021.

Read More

Baca Juga:

Informasi yang himpun, api membesar pada Minggu, 13 Juni 2021 sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu korban bermaksud memasak nira di dapur rumahnya menggunakan tungku kayu bakar. Di sekitar tungku tempat memasak terdapat tumpukan kayu kering.

Si pemilik rumah bermaksud pergi ke rumah tetangga bernama Sarno, sambil menunggu nira mendidih. Saat itulahh diduga api merembet ke tumpukan kayu kemudian membesar dan dan membakar dapur rumah.

“Dari keterangan korban, diduga api berasal dari tungku” 

Sarno, tetangga yang didatangi korban kaget mendengar suara ledakan. Dia keluar rumah dan melihat api sudah membakar rumah korban. Dia lalu memberitahu Mijan kondisi rumahnya serta berteriak meminta tolong warga. Dalam sekejap warga berdatangan untuk membantu memadamkan api dengan peralatan apa adanya.

Namun, si jago merah sudah terlajur membesar. Selain itu pada saat kejadian embusan angin yang lumayan kencang membuat upaya pemadaman sulit dilakukan. Api akhirnya padam setelah dua bangunan rumah korban ludes terbakar.

Baca Juga:

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Saat kejadian seluruh anggota keluarga korban sedang tidak berada di rumah. Namun diperkirakan kerugian akibat kebakaran ini mencapai Rp30 juta.

Polisi sampai saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran ini. “Dari keterangan korban, diduga api berasal dari tungku,” kata Jeffry. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *