Kekebalan Komunal Kunci Akselarasi Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
skrining vaksin
Peserta menjalani skrining dalam acara vaksinasi Dekranasda Sleman. (Foto: Istimewa)

Sleman – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman mendukung terwujudnya percepatan herd immunity atau kekebalan komunal dengan menggelar vaksinasi gratis bagi pelaku UMKM pada Rabu, 28 Juli 2021 di Kantor Dekranasda Kabupaten Sleman. Vaksinasi menggunakan Sinovac.

Ketua Harian Dekranasda Sleman, Abdul Kadir mengatakan, ercepatan kekebalan komunal akan berimbas penurunan penderita Covid-19 sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi. “Pelaku usaha mikro atau pegiat UMKM menjadi skala prioritas sasaran vaksinasi sehingga pemulihan ekonomi akan segera terwujud,” ujarnya.

Read More

Target vaksinasi Covid 19 Pemkab Sleman pada akhir tahun 2021 adalah 70 persen warganya sudah divaksin. Hingga akhir Juli 2021 baru sekitar 37 persen dari jumlah penduduk di Bumi Sembada yang divaksin.

Baca Juga: BIN Gelar Vaksinasi untuk Pelajar SMP-SMA demi Selamatkan Penerus Bangsa

Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman mengatakan, saat ini dari satu juta lebih penduduk di Sleman baru sekitar 300 ribu yang sudah divaksin. Capaian vaksin di Kabupaten Sleman saat ini masih jauh dari target. Namun dia optimistis akhir 2021 dapat memenuhi target. “Di akhir tahun, saya targetkan bisa mencapai 70 persen warga Sleman telah divaksin,” katanya.

Sebagai wujud “Sesarengan Jogo Sleman” Abdul Kadir yang sekaligus sebagai Ketua Gugus Covid DPRD Sleman menyampaikan bahwa Dekranasda Kabupaten Sleman berperan aktif menyelenggarakan vaksinasi massal bagi pelaku usaha mikro (UMKM) dengan target peserta 1.000 orang.

Sosialisasi manfaat vaksinasi sangat perlu disampaikan ke publik secara masif sehingga menghadirkan informasi yang berimbang kepada masyarakat luas.

Hal serupa di negara maju seperti di Melbourne Australia, sebagaimana disampaikan jurnalis Nuim Mahmud Khaiyath, “dokter – dokter setiap hari tampil di media televisi di Australia untuk memberikan pencerahan sekaligus meng-counter hoax terhadap vaksinasi”. Vaksinasi menjadi semangat dan harapan baru menghadapi pandemi Covid 19. Harapan adalah pegas kehidupan.

Baca Juga: Giliran 50 Ribu Petani di Sleman Yogyakarta Divaksinasi Corona

Filsuf Romawi Kuno Cicero berujar Salus populi suprema lex esto, di mana keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi, maka di tengah pandemi Covid 19 sesarengan, bersatu padu atau sinergi semua komponen (stake holder) memberikan hal terbaik bagi masyarakat luas AKAN menjadi jalan keluar dari “kemelut” Covid 19 yang berjilid–jilid.

Ikhtiar mewujudkan keselamatan rakyat sebagai skala prioritas adalah tugas mulia. Dekranasda Kabupaten Sleman menyelenggarakan vaksinasi bagi pelaku usaha mikro dalam rangka ikhtiar akselerasi mewujudkan herd imnunity yaitu kekebalan komunal sekaligus menciptakan pemulihan ekonomi yang merupakan kemaslahatan bagi masyarakat luas. (Harjito Sangaji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *