Es Doger, Es Dorong Gerobak Primadona Pelajar dan Mahasiswa di Yogyakarta

  • Whatsapp
es doger jogja
Es Doger Jalan Kusbini Demangan. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta)

Yogyakarta – Es doger, minuman yang sudah akrab di telingga warga Yogyakarta. Asal kata doger adalah dari “Dorong Gerobak”. Minuman istimewa ini bisa dianggap primadona di kalangan pelajar dan mahasiswa Kota Pendidikan ini.

Salah satu tempat yang asyik untuk menikmati es doger ada di sebelah barat bengkel Kereta Api Balai Yasa PJKA, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Di sepanjang Jalan Kusbini Demangan, berjejer para penjual es doger, batagor dan siomay.

Read More

Lokasi strategis dekat dengan pusat kota dan berhadapan dengan spot-spot menarik seperti bangunan heritage Kantor Balai Yasa PJKA dan Embung Langensari serta rindangnya pepohonan menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Viral Harga Pecel Lele di Malioboro Yogyakarta Tidak Masuk Akal

Jalan Kusbini yang sejuk karena ditudungi oleh pohon besar yang berdaun rimbun menjadi spot terbaik menikmati es doger yang sudah terkenal nikmat dan terjangkau ini.

Sebelum pandemi, pembeli bisa menikmati es doger di tempat disuguhi pemandangan unik langsirnya kereta api yang keluar masuk bengkel.

Salah satu penjual es doger di Jalan Kusbini adalah Mas Candra. Dia mulai melayani pembelian dari pagi hari pukul 09.00 hingga sore hari pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Kolaborasi Apik, Soto Masuk Kafe di Sleman Yogyakarta

Harga Es Doger hanya dibandrol Rp12.000 saja untuk semangkuk penuh isian yang terdiri dari jeli agar-agar hijau, potongan alpukat, sagu mutiara berwarna merah, ketan hitam, roti tawar, kemudian susunan itu diberi es serut dan disiram santan kental beserta kental manis coklat.

Nah, yang mau nyobain seenak apa sih es doger, silakan beli. Tapi dibungkus saja ya, biar lebih safety, mengingat sekarang masih di masa PPKM. (pariwisatajogjakota)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *