Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Masuk Prioritas untuk Pemulihan Ekonomi di Bantul

  • Whatsapp
pembangunan jalan bantul
Peningkatan pembangunan ruas Jalan Mojohuro – Demi di Kalurahan Sriharjo, Imogiri, Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, pembangunan infrastruktur perdesaan khususnya di Bumi Projotamansari masuk prioritas. Hal itu sebagai upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi, salah satunya denga infrastruktur yang baik.

“Apalagi di Sriharjo ini adalah sebuah kawasan pariwisata dan industri kuliner sehingga sarana dan prasarana fisik ini harus terus diperbaiki,” kata bupati saat meninjau langsung peningkatan pembangunan ruas Jalan Mojohuro – Demi di Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri, Bantul, Selasa, 31 Agustus 2021.

Read More

Abdul Halim mengungkapkan, untuk kelancaran mobilisasi barang, jasa maupun orang, masih punya banyak rencana pembangunan di Sriharjo ini. “Karena memang usulan dari masyarakat demikian banyak dan Alhamdulillah nanti bisa kita percepat pembangunannya baik jalan, talud, saluran irigasi. Semuanya itu untuk mendukung pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Baca Juga: Monitoring Tiga Lokasi Padat Karya Infrastruktur di Bantul Yogyakarta

Dia menegaskan, tidak ada pemulihan ekonomi tanpa ketersediaan infrastruktur yang memadai. “Untuk itu di ruas jalan utama ini bagaimana harus kita perbaiki. Demikian pula di ruas-ruas jalan yang lain yang merupakan jalur penting Kalurahan Sriharjo ini,” kata Bupati Bantul.

Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi Aidin mengatakan, pembangunan jalan perdesaan dengan menggunakan APBD Tahun 2021 ini dianggarkan Rp198 juta. Perbaikan infrastruktur jalan ini memiliki panjang 214 meter dan lebar ada yang 3 meter dan 3,5 meter sesuai dengan kondisi lapangan.

“Pembangunan jalan ini hanya dikerjakan dalam waktu satu hari, sehingga masyarakat langsung bisa memanfaatkannya,” katanya.

Baca Juga: 3.120 Tenaga Kerja Terserap pada 60 Lokasi Program Padat Karya Infrastruktur di Bantul

Menurut dia, pembangunan jalan desa ini untuk mendukung kelancaran transportasi masyarakat dan perekonomian serta mendukung sektor yang lain seperti akses pendidikan dan kesehatan. “Karena di kawasan ini ada sekolah, puskesmas dan pasar desa, jalan desa ini menghubungkan dengan jalan besar,” katanya.

Terakhir Kepala Dinas PUPKP menitipkan kepada masyarakat untuk pemeliharaannya nanti secara bersama untuk bisa memantau dan ruas jalan ini bisa dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat seluas-luasnya. Turut hadir mendampingi Bupati Bantul, Jajaran Forkopimka Imogiri, Jajaran Pamarintah Kalurahan Sriharjo dan Dinas PUKP Bantul. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *