Menteri Sandiaga: Peran Milenial Strategis Membangkitkan Ekonomi Bangsa

  • Whatsapp
Menparekraf sandiaga uno
Manparekraf Sandiaga Uno saat menjadi pembicara Webinas Nasional di Yogyakarta. (Foto: Istimewa(

Yogyakarta – Masa pandemi seperti ini peran generasi milenial sangatlah penting. Pandemi telah memaksa masyarakat mengubah cara bekerja, belajar berinteraksi yang awalnya tatap muka menjadi daring. Di sisi lain pertumbuhan teknologi di Indonesia saat ini sangat pesat sekali, maka masyarakat pun dituntut untuk bisa mengikuti kemajuan teknologi yang ada terutama generasi milenial.

Hal itu diungkapkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Sandiaga Salahudin Uno dalam webinar yang diikuti 830 peserta pada Kamis, 23 September 2021. Dalam paparanya, mahasiswa diajak untuk bisa memiliki peran besar dalam meningkatkan ekonomi UMKM saat ini dengan memiliki pengalaman berwirausaha.

Read More

Hal itu tentu mahasiswa dibekali dan diberikan pendidikan atau pelatihan dengan menyelenggarakan berbagai seminar kewirausahaan, menyelenggarakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan menyediakan market online khusus untuk berjualan serta melakukan kegiatan-kegiatan lainnya.

Baca Juga: Pandemi Corona Mempercepat Migrasi Digital Generasi Muda Indonesia

Selain itu tentu milenial akan didampingi oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang wirausaha dan keuangan. “Para milenial bukanlah hanya kaum perubahan bagi mereka. Perubahan mereka akan mampu menangkap peluang yang ada di sekitarnya dan mencetak pemenang,” kata Menteri Sandiaga Sallahudin Uno.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia Teten Masduki mengatakan, untuk membangun generasi masa depan yang tangguh, milenial memiliki peran penting dalam hal itu untuk membuat perubahan pada diri milenial ke depan. “Dengan prioritas kepada anak-anak muda yang punya background pendidikan yang bagus, sebenarnya kita sedang mempersiapkan pengusaha-pengusaha atau wirausaha baru
yang tangguh dimasa depan,” katanya.

Menurut dia, UMKM sendiri saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Oleh karena itu peran generasi milenial sangat penting dalam meningkatkan ekonomi UMKM Indonesia dan bermanfaat bagi generasi milenial.

Baca Juga: 10 Anak Pelestari Seni dan Budaya Dapat Penghargaan dari Sri Sultan HB X

Genrasi milenial memiliki energi positif yang bisa menjadikan dirinya tangguh dalam menghadapi segala hal, serta memiliki semangat yang tinggi dalam mengejar mimpi dan cita-cita mereka. Oleh karena itu peran milenial sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kewirausahaan dalam menghasilkan pengusaha-pengusaha yang tangguh untuk depan.

Webinar yang dimoderatori Dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta Ignatius Triyana ini diikuti dengan penuh antusias tinggi dari kalangan mahasiswa dan dosen. Adanya webinar ini dapat memberikan semangat untuk generasi milenial ke depannya dalam meningkatkan ekonomi
UMKM dan bisa menjadi bekal serta pengalam mereka di dalam dunia kewirausahaan.

Dari webinar ini ada kolaborasi dari beberapa kampus yang ada di Yogyakarta dan juga ada beberapa fasilitas bagi yang mengikuti akan mendapatkan E-Sertifikat serta Doorprize yang berkesempatan mengikuti Program Kampus dan AKUMANDIRI. Sebagai penutupan acara ditayangkan video singkat mengenai kearifan lokal Kota Yogyakarta serta menampilkan tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Artikel kiriman Sianggun Nadila,  Mahasiswa Program Studi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *