Perjuangan BIN Susuri Sawah dan Tegalan di Kulon Progo Suntikkan Vaksin

  • Whatsapp
vaksinasi BIN
Perjuangan BIN menyusuri sawah dan tegalan di Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta dalam rangka vaksinasi door to door. 9Foto: Istimewa)

Kulon Progo – Badan Intelejen Negara (BIN) menggelar vaksinasi Covid-19 secara door to door dengan menyisir pinggiran desa, persawahan, tegalan dan lokasi lain di Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Metode vaksinasi door to door ini dilakukan untuk karena warga memiliki keterbatasan aksesibilitas ke fasilitas kesehatan jauh.

Koordinator vaksinasi door to door BIN DIY, Sugiyono mengatakan, vaksinasi ini dilaksanakan BIN bekerja sama dengan Tim Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyasar seluruh warga, baik lansia, pelajar maupun masyarakat umum yang terkendala akses.

Read More

Baca Juga: Partai Gerindra Suntikkan 500.000 Vaksin Covid-19 di Indonesia

“Kami gelar vaksinasi door to door untuk semua masyarakat agar semuanya mendapatkan vaksin. Kami fokus di beberapa daerah yang aksesibilitas warganya terbatas,” katanya, Sabtu, 25 September 2021.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini tidak mudah, karena kondisi medan yang sulit. Vaksinasi cara ini butuh waktu yang lebih lama karena harus berjalan kaki. Apalagi dalam suasana cukup panas, butuh tenaga ekstra dari tim yang ada di lapangan.

Baca Juga: Lima Mitos dan Fakta Vaksin Covid-19 yang Wajib Diketahui

Tim tidak memasang target tetapi bisa mencapai puluhan orang baik untuk suntikan dosis pertama atau pun kedua. “Jadi selain dor to door vaksinasi juga dilaksanakan di kalurahan,” ujarnya.

Salah satu warga Wakijem, 68 tahun, mengaku senang mendapatkan vaksinasi ini. “Senang ya, kebetulan saya sudah tua. Kalau harus ke balai antre saya sudah tidak kuat,” ujarnya.

Dia terkendala akses dan kondisi fisiknya sudah kurang mendukung. Usianya sudah tua sehingga kalau harus ke balai kalurahan tidak sanggup. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *