Semarak Sumpah Pemuda dalam Pentas Musikan Mandalasana Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
pentas musikan keraton
Pentas Musikan Mandalasana Keraton Yogyakarta saat Hari Sumpah Pemuda 2021. (Foto: Pemda DIY)

Yogyakarta – Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, divisi kesenian dan pertunjukan dari Keraton Yogyakarta kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Pentas yang digelar di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021. Konser dimulai tepat pukul 10.00 WIB bersamaan dengan Indonesia Raya Bergema.

Read More

Baca Juga: Merti Dusun Sumberan Pakem Sleman, Merawat Tradisi Leluhur dan Bersyukur

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, lagu-lagu yang hadir dalam Pentas Musikan Mandalasana pun bertemakan kebangsaan, perjuangan, dan kepemudaan seperti: Satu Nusa Satu Bangsa, Bhineka Tunggal Ika, Bangun Pemudi Pemuda, Garuda Pancasila, Tanah Airku, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

musikan keraton yogyakarta
Pentas Musikan Mandalasana Keraton Yogyakarta saat Hari Sumpah Pemuda 2021. (Foto: Pemda DIY)

Tak lupa Gati Mardowo juga hadir sebagai lagu wajib untuk mengawali setiap pementasan di Bangsal Mandalasana. Konser ini bisa disaksikan secara live streaming via YouTube Kraton Jogja.

KPH Notonegoro selaku penghageng KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta mengatakan, berbeda dari Pentas Musikan Mandalasana sebelum-sebelumnya, kali ini kanca Abdi Dalem Musikan menghadirkan format pementasan string ensemble.

Baca Juga: 18 Kapanewon Berlomba Menjadi yang Terbaik di Ajang Festival Reog Gunungkidul 2021

“Jadi kalau sebelumnya banyak instrumen tiup, kali ini didominasi violin, viola, cello, dan contrabass. Namun tetap akan menghadirkan instrument perkusi juga,” ungkapnya.

RW Widyogunomardowo kali ini didaulat sebagai konduktor untuk pementasan dalam rangka memperingati 93 tahun Hari Sumpah Pemuda tahun ini. Seperti Pentas Musikan sebelumnya, iringan prajurit Keraton Yogyakarta menjadi pembuka prosesi dan menjemput para Abdi Dalem Musikan dari Bangsal Kasatriyan menuju Bangsal Mandalasana yang terletak di pelataran kedhaton Keraton Yogyakarta. (Humas Pemda DIY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *