18 Kapanewon Berlomba Menjadi yang Terbaik di Ajang Festival Reog Gunungkidul 2021

  • Whatsapp
reog wonosari gunungkidul
Penampilan reog yang bertajuk Reog Prajurit Siaga dari Kontingen Kapanewon Wonosari. (Foto: Screenshot YouTube)

Gunugkidul – Reog merupakan salah satu kesenian populer masyarakat Gunungkidul yang sampai saat ini masih eksis. Kesenian ini menjadi pertunjukan favorit masyarakat Gunungkidul.

Reog memiliki ciri khas paling menonjol dengan adegan tarian yang meniru gerak kegagahan baris-berbaris pasukan keraton dengan iringan gamelan monotonik sepanjang pertunjukan. Disertai iringan yang berasal dari suara bendhe tiga nada yang meliputi kecrek, dan bedhug/dhodhog, dan ada kelompok yang menambahnya dengan angklung.

Read More

Baca Juga: 94 Tahun Paroki Boro Kalibawang Kulon Progo Menampilkan Seni Slaka

Dinas Kebudayaan Gunungkidul menggelar Festival Reog Tingkat Kabupaten Gunungkidul 2021 dalam rangka melestarikan kesenian ini. Acara disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Kebudayaan Gunungkidul pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Festival ini diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas para penggiat seni reog supaya tidak punah meski di tengah-tengah pandemi Covid-19. Selain itu sebagai bentuk apresiasi dari Dinas Kebudayaan Gunungkidul bagi para pegiat dan pelestari kesenian di Bumi Handayani.

“Saya berharap dengan adanya festival ini, para kreatif dan seniman reog yang ada di Kabupaten Gunungkidul tetap berkembang karena kesenian reog adalah kesenian warisan budaya dari Kabupaten Gunungkidul,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtono di sela acara.

reog patuk gunungkidul
Penampilan reog yang bertajuk Reog Prajurit Siaga dari Kontingen Kapanewon Patuk.(Foto: Screenshot YouTube)

Festival diikuti 18 perwakilan dari 18 kapanewon di Gunungkidul. Penyelenggaraan sepenuhnya dilakukan dan disiarkan secara daring atau online karena masih pandemi. Para peserta lomba atau kontingen menampilkan kesenian dalam bentuk output berupa video dengan batas waktu maksimal selama 20 menit. Video dikirimkan ke Dinas Kebudayaan GunungkKidul yang akan disiarkan secara live streaming.

Baca Juga: Cerita di Balik Wayang Orang Gana Kalajaya Gelaran Keraton Yogyakarta dan KJRI Mumbai India

Sebagai bentuk apreasiasi kepada kontingen yang berhasil mendapatkan juara, akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan. Juara pertama Rp6 juta, dan nominal terkecil Rp2,5 juta untuk juara harapan dua. Rangkaian festival reog didanai Dana Keistimewaan 2021.

Dinas Kebudayaan Gunungkidul masih memiliki rangkaian festival kebudayaan menarik lainnya. Bagi Anda yang ingin mengikuti berbagai macam kegiatan festival kebudayaan dari Dinas Kebudayaan Gunungkidul, bisa mengakses informasi lengkapnya melalui akun Facebook dan Instagram Kebudayaan Gunungkidul. []

Artikel kiriman Luciani Berthin Aninda, Mahasiswi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *