Nini Thowong Awali Pelatihan Pokdarwis Panjangrejo Bantul

  • Whatsapp
nini thowong
kesenian spiritual Nini Thowong mengawali Pelatihan Pokdarwis Panjangrejo Bantul Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Penampilan Nini Thowong mengawali Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis/Desa Kalurahan Panjangrejo, Kapanewon Pundong. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Bantul yang dilaksanakan di Warung Jujugan, Grudo, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Yogyakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Panewu Pundong Vita Yuliatun dalam sambutannya mengapresiasi atas penampilan kesenian Nini Thowong. “Saya baru pertama kali menyaksikan langsung kesenian Nini Thowong, saya apresiasi sekali dan mendorong kesenian yang unik, yang hanya satu-satunya di wilayah Bantul ini untuk terus dilestarikan dan dikembangkan,” ujarnya.

Read More

Baca Juga: Daftar 20 Warisan Budaya Tak Benda di Bantul, Ada Sate Klatak hingga Nini Thowong

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Kalurahan Panjangrejo Mudiyana mengemukakan bahwa Pelatihan Penguatan Pokdarwis yang diinisiasi Dinas Pariwisata Bantul ini diselenggarakan selama tiga hari, Senin-Rabu (6-8 Mei 2024). Dua hari dilaksanakan di Panjangrejo, dan satu hari melakukan kunjungan studi ke Gerbang Banyu Langit, Srimulyo, Piyungan.

Hal tersebut untuk pengembangan sektor pariwisata dan tata kelola manajemen desa wisata yang baik. “Kegiatan ini merupakan kerjasama program dengan Dinas Pariwisata Bantul dengan Pemerintah Kalurahan Panjangrejo,” ungkapnya.

Baca Juga: Menengok Kemeriahan Festival Kampung Lemper di Sanden Bantul

Dia mengatakan, kegiatan ini sebagai kegiatan pemberdayaan, implementasikan program-program non-infrastruktur. “Kami berharap pelatihan ini menjadi langkah awal menjadi Desa Wisata, sehingga nantinya bisa memberikan dampak ejonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat Panjangrejo,” kata Mudiyana. (Markaban Anwar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *