Anggita, Mahasiswi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Hobi Menulis Segudang Prestasi

  • Whatsapp
Emillia Anggita Restiana Dewanti
Emillia Anggita Restiana Dewanti. (Foto: Dok. Pribadi)

Yogyakarta – Menulis dapat menyalurkan ide, gagasan kepada orang lain. Menulis dapat menjadi prestasi tersendiri bagi orang yang gemar menulis. Sama halnya dengan Emillia Anggita Restiana Dewanti atau yang akrab dipanggil dengan Anggita. Dia menjadikan menulis sebagai hobinya dan berkembang sebagai suatu bentuk prestasi bagi dirinya.

Mahasisiswi semester 3 jurusan pendidikan biologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini mulai tertarik dengan karya tulis ilmiah karena ibunya, Rini. Anggita mulai memutuskan untuk ikut ekstrakurikuler KIR untuk mengembangkan hobinya.

Read More

Baca Juga: Inspirasi Lucky Homemade, Cowok yang Suka Bikin Olahan Kue Sejak SD

Perempuan kelahiran Semarang, 29 Juli 2002 ini mendapatkan pengalaman baru dengan mengikuti lomba – lomba. Bersama dengan rekan satu tim bernama Fidelis Anjalika sering menjadi perwakilan SMA Marsudirini Muntilan dalam berbagai lomba KIR.

Ia pernah mengikuti lomba KIR PHI pada tahun 2017 di Universitas Sanata Dharma. Meski belum menang, alumni yang selalu masuk 10 besar sejak SD – SMA Marsudirini Muntilan ini tidak putus asa. Dia menjadikan sebagai pembelajaran untuk terus berlatih menjadi lebih baik.

juara menulis
Emillia Anggita Restiana Dewanti. (Foto: Dok. Pribadi)

Baca Juga: Iqbal Khoironnahya, Jago Puisi Segudang Prestasi Berawal Tak Bisa Marah pada Mantan

Anak pasangan Bonifasius Sri Subekti dan Ignatia Rini Purwanti ini bersama dengan rekannya mulai mengikuti lomba seperti KIR CYANIDE Universitas Udayana dan menjadi finalis. Lalu mengikuti lomba kembali mewakili sekolahnya yaitu lomba KIR PHI di tahun 2019 dan mendapatkan juara harapan 1.

Hal ini merupakan sebuah kemajuan yang berarti baginya. “Seru lho KIR itu seperti praktikum dan meneliti sesuatu begitu. Cari pengalaman baru sekalian buat pertimbangan mau lanjut kemana nanti,” katanya saat diwawancarai.

Baca Juga: Stabita Bilkis Erza’zani, Atlet Muda Panahan Masa Depan Asal Pemalang

Selain ia memiliki hobi menulis ia juga memiliki hobi menyanyi, menari, menggambar, membaca buku, mendengarkan lagu, dan menonton. Saat di SMA ia juga mengikuti ekstrakurikuler paduan suara dan tari teater.

Dalam ekstrakurikuler tari dan teater ia pernah mengikuti lomba film pendek bersama dengan teman – teman satu kelompok teater untuk mewakili SMA Marsudirini Muntilan dalam rangka tahun Yayasan Marsudirini. Mereka memenangkan juara harapan 1.

juara menulis
Emillia Anggita Restiana Dewanti. (Foto: Dok. Pribadi)

Kini saat ia telah menjadi mahasiswa juga masih sering mengikuti berbagai lomba atau kompetisi. Ia pernah mengikuti lomba kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional pada tahun 2021 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Study (HMPS) pendidikan biologi Sanata Dharma bersama dengan SMF Biologi UKSW, dan ia mendapatkan juara ke – 3. Lalu ia juga mendapatkan juara ke – 3 dalam mengikuti lomba KTI LKIM 2021 yang diadakan oleh FIKP Sanata Dharma.

Baca Juga: Antusiasme Keroncong Plesiran V di Hutan Pinus Sari Dlingo Bantul

Pada tahun 2020/2021 Anggita menjadi anggota divisi minat dan bakat seni dan pada tahun ini. Dia menjadi coordinator divisi public relation. Saat kuliah ini ia menjadi panitia lomba KIR PHI.

“Yang awalnya jadi peserta sekarang sudah jadi panitianya. Dulu aku pernah punya cita – cita kalau aku kuliah di Sanata Dharma aku ingin jadi panitia PHI, dan sekarang sudah kesampaian,” ungkapnya. []

Artikel kiriman Anna Rosaria Mahasiswa Asmi Santa Maria Yogyakarta Prodi Public Relations.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *