Wisatawan Terseret Ombak Parangtritis Bantul Belum Ditemukan

  • Whatsapp
pencarian korban parangtritis
Operasi SAR melakukan pencarian korban terseret ombak Parangtritis. (Foto: Basarnas Yogyakarta)

BantulWisawatan yang terseret ombak Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta hingga Kamis, 30 Desember 2021 pukul 18.00 WIB belum ditemukan. Tim SAR gabungan melanjutkan pencairan korban atas nama Fatih Abdi Mizaki besok pagi.

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, usai mendapat laporan kecelakan air pada pagi hari, langsung melakukan pencarian. Operasi SAR pertama mulai 08.30 WIB dibagian dalam lima search dan rescue unit (SRU).

Read More

Baca Juga: Polisi asal Kulon Progo yang Hilang di Gunungkidul Ditemukan Meninggal

SRU 1 melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. SRU 2 melakukan penyisiran dari Posko SAR Gabungan ke arah barat kurang lebih 4 kilometer. SRU 3 melakukan penyisiran dari lokasi kejadian ke arah timur sejauh 2 kilometer.

SRU 4 melakukan penyisiran di perairan di lokasi kejadian menggunakan alut dua unit jetsky. SRU 5 melakukan pemantauan menggunakan drone via udara di lokasi kejadian.

Baca Juga: Bocah Hilang Tenggelam di DAM Kiyaran Sungai Opak Bantul

“Pencarian hari pertama sampai pukul 16.30 masih nihik. Operasi SAR dihentikan sementara pukul 18.00 WIB,” kata Pipit Kamis, 30 Desember 2021.

Sebelumnya diberitakan, dua wisatawan di bawah umur terseret ombak di Pantai Parangtritis pada Kamis, 30 Desember 2021. Kedua korban merupakan santri Pondok Pesantren di Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bocah Meninggal Tenggelam Saat Ambil Sandal Jatuh di Sungai Bedog Bantul

Satu orang atas nama Dani Ahwan, 15 tahun, warga Rancawiruk, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, berhasil diselamatkan. Sedangkan satu korban lain, Fatih Abdi Muzaki, 13 tahun, warga Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, masih dalam pencarian.

Kronologi yang diterima, pada Kamis 30 Desember 2021 pukul 02.00 WIB rombongan dari Pondok pesantren Bumiayu Brebes tiba di Pantai Parangtritis Bantul. Pada Pukul 06.00 WIB rombongan mulai menuju ke tepi Pantai Parangtritis. Kedua korban langsung bermain air.

Baca Juga: Balita asal Sleman Terseret Ombak Pantai Menganti Kebumen Ditemukan Meninggal

Tak lama berselang, Fatih abdi Muzaki tiba-tiba terseret ombak ke tengah. Dani Ahwan mencoba untuk menolong, namun malah ikut terseret. Petugas Sarsatlinmas dan SAR Ditpolair yang sedang berpatroli langsung memberikan pertolongan. Dani Ahwan berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pantai untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun korban atas nama Fatih abdi Muzaki masih dalam pencarian SAR Gabungan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *