RSA UGM Yogyakarta Mulai Layani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

  • Whatsapp
vaksinasi anak di RSA UGM
RSA UGM Yogyakarta mulai melayani vaksinasi anak usia 6-11 tahun jenis Sinovac pada Senin, 3 Januari 2022. (Foto: Dok. RSA UGM)

Yogyakarta – Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM mulai melayani vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, Senin, 3 Januari 2022. Vaksin yang digunakan jenis Sinovac. Targetnya 100 anak per hari.

Kepala Instalasi Rawat Jalan RSA UGM Agung Widianto mengatakan, pihaknya baru menerima 2.500 vaksin Sinovac minggu lalu. “Mulai hari ini dibuka untuk umum,” ucapnya, 3 Januari 2022.

Read More

Baca Juga: 67 Siswa SLB di Kulon Progo Usai Vaksin Covid-19 Diajak Nonton Film

Dengan jumlah vaksin sebanyak 2.500 dosis, RSA UGM dapat melayani vaksinasi bagi 1.250 anak untuk dosis pertama dan dosis kedua. Untuk saat ini RSA UGM belum menentukan batas akhir pemberian layanan vaksinasi bagi anak.

Target penerima vaksin setiap hari diprediksi tidak melampaui 100 orang. Pasalnya sudah banyak anak 6-11 tahun sudah menerima vaksinasi di sekolah atau puskesmas. “Vaksinasi akan terus dilakukan selama stok vaksin masih ada,” terangnya.

Baca Juga: Resmi Dimulai, 1.300 Anak Usia 6-11 Tahun di Yogyakarta Ikuti Vaksinasi

Layanan vaksinasi anak buka Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 12.00 di Gedung Kresna lantai 1. Pendaftaran langsung di lokasi vaksinasi dengan menunjukkan kartu identitas anak.

Menurut dia, penggunaan vaksin Sinovac sesuai rekomendasi pemerintah. Vaksin ini, dirasa lebih aman bagi anak-anak karena telah terbukti tidak memunculkan efek samping yang berat pada orang dewasa.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 di Yogyakarta Mereda, tapi Klitih Kembali Marak

Sebelum dibuka untuk umum, sebelumnya RSA UGM telah melayani vaksinasi bagi sekitar 150 anak pegawai RSA pada 29-31 Desember 2021. “Anak-anak yang divaksin minggu lalu sama sekali tidak terlihat ada efek samping. Jadi orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan vaksin bagi anak-anaknya,” pintanya.

Lebih lanjut Agung mengungkapkan, pemberian vaksin bagi anak-anak ini demi memberikan layanan yang lengkap bagi masyarakat DIY, khususnya bagi pelanggan RSA UGM.

Baca Juga: Sri Sultan Beberkan Tiga Jurus Antisipasi Varian Omicron Masuk Yogyakarta

Selain membuka layanan vaksinasi anak, RSA UGM juga masih membuka layanan vaksinasi orang dewasa pada Sabtu dan Minggu di tempat yang sama. Jenis vaksin yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari vaksin Sinovac, Moderna, Pfizer, hingga Sinopharm. “Semua vaksin kita siapkan. Kami ingin menjadi sentra vaksin di wilayah DIY dan sekitarnya,” kata Agung. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *