Pasar Sompilan Hargobinangun Pakem Sleman Resmi Beroperasi

  • Whatsapp
pasar sompilan sleman
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meresmikan Pasar Sompilan dengan memotong pita. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Sleman – Pasar Sompilan yang ada di Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta resmi beroperasi pada Kamis, 6 Januari 2022. Peresmian dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dengan pemotongan pita dilanjutkan dengan meninjau bangunan pasar dan meninjau gelar UMKM.

Danang mengapresiasi kehadiran pasar ini karena diwujudkan dari seluruh pihak yang turut bergotong royong membangun pasar yang mulai dibangun mulai 2018. Adanya pasar ini harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, serta dapat mendorong laju perekonomian daerah yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Read More

Baca Juga: Pasar Opo Sanden, Destinasi Wisata Kuliner Tradisional Khas Bantul Yogyakarta

Apresiasi juga diberikan Pemerintah Kalurahan Hargobinangun dan Kapanewon Pakem yang turut melestarikan keberadaan pasar tradisional di wilayahnya.

Dia berpesan agar pasar dapat beroperasional dengan baik, pengelola dan masyarakat mampu menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pasar tersebut. “Belanja di pasar tradisional itu menurut saya lebih asik. Bisa tawar-menawar harga, bisa saling sapa. Tapi juga harus diperhatikan kebersihan, keamanan, dan kenyamanannya. Itu kuncinya,” kata Wabup.

Baca Juga: Asyiknya Berburu Barang Antik dan Jadul di Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta

Menurut Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito, Pasar Sompilan tersebut mulai dibangun pada tahun 2018 hingga tahun 2021. Pembangunan pasar yang terdiri dari 12 Unit kios tersebut memakan biaya sebesar Rp455.051.180 dari Dana Desa.

Untuk meggeliatkan perekonimian warga setempat, pihaknya menggelar pameran UMKM di area tersebut. Sat ini tercatat 168 UMKM yang ada di Kalurahan Hargobinangun yang tergabung dalam Forum Komunikasi UMKM Hargo Manunggal. (Humas Pemkab Sleman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *