Kepedulian Alumni SMA N 1 Wates Bangun Gedung Parkir Tiga Lantai Rp5,5 Miliar

  • Whatsapp
almuni IKA SMA Wates 1
Bupati Kulon Progo Sutedjo melakukan peletakan batu pertama disaksikan Ketua IKA Alumni Hasto Wardoyo dan alumni lainnya. (Foto: Istimewa)

Kulon Progo – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Wates Kulon Progo, Yogyakarta berencana membangun gedung parkir tiga lantai. Pendanaan senilai Rp5,5 miliar ini murni mengandalkan kepedulian alumni. Pembangunan ini untuk mendukung pembelajaran siswa.

Peletakan batu pertama dilakukan Bupati Kulon Progo Sutedjo, Sabtu, 8 Januari 2022 dengan didampingi Ketua IKA Alumni yang juga mantan bupati Hasto Wardoyo, didampingi Ketua Disdikpora DIY Didik Wardaya, dan sejumlah alumni dari berbagai angkatan. Peletakan batu pertama ini diikuti ratusan alumni secara daring.

Read More

Baca Juga: Jogja Banget, Embung Imogiri Bantul Berbentuk Gunungan Wayang

Hasto Wardoyo mengatakan, pembangunan gedung parkir ini dilaksanakan secara gotong-royong. Keberadaan alumni saat ini cukup solid dan komitmen untuk mendukung kemajuan SMA Negeri 1 Wates. Soliditas alumni ini menjadi modal utama dalam pembangunan, seiring bertambahnya jumlah siswa dan kebutuhan parkir untuk siswa dan guru.

“Kami ingin memberikan contoh gotong-royong bisa untuk mewujudkan gedung parkir dan ruang pertemuan. Jadi ini nanti konsepnya tiga lantai, dua lantai untuk parkir dan lantai tiga untuk gedung pertemuan,” kata Kepala BKKBN RI ini.

Baca Juga: Ini Dia Proyek Bernuansa Keistimewaan Tuntas 2021 di Kota Yogyakarta

Bendahara IKA SMA N 1 Wates Irenk Sukco mengatakan, bangunan ini luas per lantai sekitar 540 meter persegi. Anggaran yang diperlukan sekitar Rp5,5 miliar dan dilaksanakan secara bertahap.

Tahap pertama sudah dimulai dan harus selesai pada bulan Juli dengan kebutuhan anggaran Rp1,2 miliar. “Enam bulan harus selesai karena nanti di bulan Agustus dipakai untuk ulang tahun SMA. Ini akan menjadi kado ulang tahun,” katanya.

Untuk mengawali pembangunan ini alumni belum ada modal sama sekali. Kebetulan Irenk Sukoco memiliki perusaan kontraktor dan langsung menmbuat desain dan mengawali pembangunan. Nantinya anggaran dari wali siswa, sekolah dan alumni. “Tadi ada alumni lulusan tertua yang mengikuti secara daring dan langsung transfer. Ini menjadi modal pertama,” katanya.

Baca Juga: Sultan HB X: Pemda DIY Bangun Jaringan Online Pemasangan Kabel 600 Km

Setelah ground breaking banyak alumni yang mengikuti kegiatan baik daring maupun offline langsung transfer ke rekening. Kepedulian ini sangat dinantikan agar pembangunan gedung parkir bisa segera diselesaikan. “Terima kasih Alumni, sehingga pembangunan gedung parkir bisa dimulai dan semoga lancar,” kata Kepala SMAN 1 Wates, R Aris Suwasono.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengapresiasi keluarga besar SMAN 1 Wates terus mengembangkan SMAN 1 Wates menjadi sekolah yang benar-benar berkualitas. Bukan hanya dari sisi akademis tetapi juga bangunan fisik gedungnya. “Bukan hanya para siswa, guru dan karyawan yang bangga jika gedung parkir 3 lantai ini sudah berdiri, tetapi semua alumni pasti bangga, sebab SMA Negeri 1 Wates jauh lebih megah,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *