Waspada, Peringatan Dini Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Hari Ini di Yogyakarta

  • Whatsapp
hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat. (Foto: BI/idnnews)

Yogyakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Yogyakarta International Airport (YIA) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY pada Selasa, 18 Januari 2022.

Warga juga diminta waspada potensi gelombang tinggi di perairan Yogyakarta. Informasi cuaca ini dipublikasikan pada pukul 05.30 WIB. Berlaku mulai pukul 07.00 WIB hingga 24 jam ke depan.

Read More

Baca Juga: Yogyakarta dan 26 Provinsi Lain Waspada Cuaca Ekstrem hingga 22 Januari 2022

Dalam rilis yang disebarluaskan disebutkan kondisi cuaca pada pagi hari cerah berawan. Pada siang hingga sore hari berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Hujan sedang hingga lebat ini berpotensi terjadi di Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo bagian utara, Bantul bagian utara, dan Kota Yogyakarta,” demikian tulis prakirawan BMKG Stamet YIA, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Wow, Selama Desember Petir Menyambar Yogyakarta 10.541 kali

Adapun pada malam hari berpotensi hujan ringan-sedang di seluruh Yogyakarta. Sedangkan dini hari berpotensi hujan ringan-sedang di seluruh DIY.

Kondisi suhu udara berkisar 21 – 32 °C. Kelembapan udara 67 – 97 persen. Arah angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan maksimum 25 kilomeer per jam. Sedangkan perkiraan gelombang laut di Perairan Yogyakarta berkisar antara 2.5 – 4.0 meter atau kategori tinggi.

Baca Juga: Pohon Bertumbangan di Kota Yogyakarta, Berikut Data dan Kerusakannya

Dengan kondisi tersebut, BMKG Stasiun Meteorologi YIA mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY. Perlu waspada juga potensi gelombang tinggi di perairan Yogyakarta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *