Menakjubkan, Ada Hutan Purba Tanaman Langka dalam Gua Jomblang Gunungkidul

  • Whatsapp
gua jomblang
Gua Jombang Gunungkidul. (Foto: Goa-Jombang.com)

Gunungkidul – Kondisi alam di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta memiliki banyak gua. Tidak sedikit pula menjadi daya tarik wisatawan untuk dikunjungi karena khas dan keunikan dari proses alam. Salah satunya Gua Jomblang, yang berada di Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Gua Jomblang atau yang biasa disebut Luweng Jomblang ini bentuknya vertikal. Terbentuk gua ini akibat proses geologi, yakni tanah ambles beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi. Peristiwa tersebut terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumur yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng.

Read More

Baca Juga: Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

Gua ini terbilang unik atau membedakan dengan gua pada umumnya. Biasanya area sekitar gua gersang, namun di dalam Gua Jomblang ini justru sangat subur. Keunikan lain pada gua ini adalah di dasar gua vertikal terdapat hutan purba yang banyak tumbuh tanaman yang tidak ditemukan di luar gua.

Mulut gua horisontal ini juga lebar, berdiameter sekitar 50 meter. Adapun kedalaman gua vertikal bervariatif, mulai dari 40 meter, 60 meter dan 80 meter.

gua jomblang
Gua Jomblang Gunungkidul. (Foto: instagram by @jogjawisata)

Tingkat kedalaman gua ini menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Traveler dapat memilih jalur yang dilewati sesuai dengan nyali yang dimiliki. Namun untuk pemula biasanya menggunakan jalur VIP atau jalur C yang kurang dari 40 meter.

Baca Juga: Menikmati Pesona Malam di Bukit Bintang Gunungkidul Yogyakarta

Nah, keunikan lain pada ujung Gua Jomblang ini ada lubang dalam yang dinamai Gua Grubuk. Lubang ini merupaan sumuran tunggal sedalam 90 meter. Konon sumuran ini merupakan yang terdalam di Pulau Jawa.

Fenomena sungai bawah tanah di dasar Luweng Grubug dan pemandangan ke arah atas sangat menakjubkan. Dua Stalagmit berukuran besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar Gua Grubuk. Anda tidak akan rugi mengujunginya.

Baca Juga: Ini Dia, 17 Destinasi Wisata Keren Selain Pantai di Gunungkidul Yogyakarta

Nah, untuk menuju ke sana pun mudah. Kondisi jalan menuju Gua Jomblang sudah baik, bisa menggunakan bus, mobil atau motor. Jarak dari Kota Yogyakarta kurang lebih 48 kilometer atau memerlukan waktu sekitar dua jam. Sedangkan dari Kota Wonosari berjarak 10 kilometer dari yang dapat ditempuh dalam 30 menit. Selamat berwisata. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *