Lantik Duta Antiterorisme, BEM Nusantara DIY Komitmen Tangkal Radikalisme dan Kejahatan Jalanan

  • Whatsapp
seminar BEM
Seminar Nasional 'Memahami Deradikalisasi dan Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kamtibmas Dan Keutuhan NKRI' dan Pelantikan Duta Antiterorisme. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melantik Duta Antiterorisme di sela acara Seminar Nasional yang bertema ‘Memahami Deradikalisasi dan Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kamtibmas Dan Keutuhan NKRI’, di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Selasa 1 Februari 2022.

Pada kesempatan itu, BEM Nusantara DIY mengecam keras segala bentuk kejahatan yang mengganggu Kamtibmas dan meresahkan warga yang saat ini marak aksi kejahatan jalanan atau yang sering disebut klitih di Yogyakarta. Selain juga mengecam dan menolak keras segala aksi intoleran yang sudah dilakukan oleh individu atau kelompok yang mengancam stabilitas nasional dan keutuhan NKRI.

Read More

“BEM Nusantara DIY mendukung Polri dan akan berperan dalam meredam dan menuntaskan kasus kejahatan jalanan. Mengutuk segala bentuk tindakan kejahatan yang menggangu Kamtibmas dan menolak keras segala bentuk paham radikalisme dan intoleransi yang memicu terorisme,” kata Pengurus Pusat BEM Nusantara Ahmad Faizin, Selasa 1 Februari 2022.

Baca Juga: Isi Ceramah Ustaz Yogyakarta yang Diamankan Densus 88

Dia mengatakan, maraknya kejahatan dan gangguan Kamtibmas serta penyebaran paham radikalisme harus diwaspadai. Untuk menangkalnya, Pancasila harus kembali menjadi pegangan semua insan Indonesia. “Ini yang mendasari kami menjalin sinergitas dengan Polri dan semua pihak untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan keutuhan NKRI,” ujarnya.

Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara DIY Achmad Mubarok mengaku siap bermitra dengan semua elemen bangsa demi kebaikan Indonesia. Pihaknya juga berkomitmen membentengi almamater dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Yogyakarta dari paham radikal dan pengaruh ideologi terlarang.

Baca Juga: Kronologi Densus 88 Tangkap Penjual Soto di Bantul Yogyakarta

“Kami BEM Nusantara DIY mendukung penuh aparat Polri khususnya Polda DIY bersikap tanpa ragu dalam menindak tegas pelaku kejahatan dan pelaku intoleransi dan radikalisme,” katanya.

Mubarok menegaskan, BEM Nusantara DIY mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia dan civitas akademika untuk memerangi, tidak takut, dan tidak boleh kalah terhadap semua individu atau kelompok yang meronggrong stabilitas nasional dan keutuhan NKRI.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah Kontrakan di Kota Yogyakarta

Binmas Polda DIY AKBP Tri Novi Purwaningrum sangat mengapresiasi inisiatif BEM Nusantara DIY dalam usaha menghalau penyebaran radikalisme dan terorisme dengan berperan aktif dan bersinergi dengan Polri dan semua pihak.

Sementara itu, di sela pelantikan Duta AntinTerorisme digelar Seminar Nasional ‘Memahami Deradikalisasi dan Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kamtibmas Dan Keutuhan NKRI’. Seminar menghadirkan tiga pembicara, Saifuddin SHI (Dosen di UIN Sunan Kalijaga), AKBP Tri Novi Purwaningrum (Binmas Polda DIY), Edi Safitri (Dosen PAI-FIAI UII sekaligus Direktur Pusat Studi Islam UII). []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *